Arus Mudik 2017 Diprediksi Lebih Banyak Pengguna Motor

Cek Prediksi Arus Mudik Tahun 2017 Berikut Ini

INSPIRADATA. Musim mudik pada tahun 2017 tinggal hitungan hari, persiapan pun mulai dilakukan oleh pemerintah, pihak kepolisian serta pertamina. Pemerintah pun sudah memiliki prediksi puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi pada 23 dan 24 Juni.

Adiatma Sardjito selaku VP Corporate Communication Pertamina mengatakan, puncak arus mudik tahun ini secara hari dan skemanya kurang lebih persis dengan musim mudik pada tahun 2012 lalu. Demikian disitat dari Kompas, Jumat (2/6/2017).

“Kalau melihat dari harinya sama seperti pada 2012 lalu, dimana Lebaran jatuh pada Minggu dan Senin. Perhitunggan ini sama dengan prediksi dari pihak perhubungan dan kepolisian, yakni pada H-2 atau antara Jumat dan Sabtu,” ujar Adiatma saat sesi diskusi di Universitas Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, Rabu (31/5/2017).

Sementara itu, lanjut Adiatma, untuk arus balik tidak akan berlangsung serentak. Karena libur anak sekolah yang relatif panjang, maka waktu arus balik pun menjadi lebih panjang.

“Untuk arus ada potensi untuk terurai karena masa liburan anak sekolah cukup panjang. Prediksi kami arus balik akan terjadi pada H+5 dan H+6, yaitu pada Sabtu dan Minggu (1-2/7/2017),” kata Adiatma.

Direktur Lalu intas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto, menginformasikan kepada masyarakat bahwa mudik tahun ini akan didominasi oleh pengguna sepeda motor. Maka dari itu, Pandu menghimbau kepada pemudik yang nanti akan menggunakan kendaraan pribadi, hendaknya memilih fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dan BUMN.

“Tahun kemarin (2016) 3,4 juta sepeda motor dari Jabodetabek, tahun ini prediksinya 4,6 juta, jadi ada kenaikan secara jumlahnya. Untuk solusi seperti yang kemarin sudah diinfokan, kita memberikan beberapa kemudahan dengan mudik gratis untuk sepeda motor. Ada beberapa alternatif, mulai dari darat, kereta, dan saat ini kita kuatkan jalur laut,” kata Pandu.

Pandu menegaskan, ada pula program pemerintah berupa jasa angkutan sepeda motor gratis. Hal ini membuat para pemudik masih bisa menggunakan motornya ketika di kampung halaman, dan pilihan ini lebih aman bagi pemudik. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *