Unik, Informatif , Inspiratif

Cek Sinyal-sinyal Ini dari Tubuh

0

Meski kita tak menyadari akan keadaan sebenarnya dalam tubuh, ternyata secara alamiah tubuh kita akan mengeluarkan sinyal-sinyal khusus. Maka dari itu perlunya kita untuk mengetahui sinyal-sinyal tersebut.

Dengan adanya tuntutan tersebut, terkadang kita tidak mengerti sinyal itu dan setelah masalah tubuh semakin besar, barulah kita sadar.

Agar kita tidak menyesal dikemudian hari, berikut sinyal yang diberikan tubuh saat terjadi masalah kesehatan.

1. Perubahan berat badan

Tentu kita senang jika berat badan turun, namun jika perubahan berat badan turun drastis, itu bisa menjadi sinyal bahwa tubuh sedang mengalami masalah.

Perubahan berat badan bisa terjadi karena tubuh tidak cukup istirahat, sehingga kita harus tidur tidak kurang dari 8 jam per hari.

Selain itu, ketidakseimbangan hormonal terutama saat awal siklus menstuasi juga mempengaruhi perubahan berat badan ini. Faktor lain yang mempengaruhinya adalah gangguan kelenjar tiroid.

2. Pembengkakan pada tubuh

Wajah yang mengalami pembekakan dan mata yang membengkak bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan ginjal.

Pembengkakan bisa juga sebagai sinyal untuk tekanan darah tinggi dan masalah pada jantung. Jika pembekakan terjadi pada kaki, maka kemungkinan ini ada hubungannya dengan varises.

3. Memar pada tubuh

Memar yang muncul cukup bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan vitamin atau penyakit yang berhubungan dengan darah.

Memar bisa terjadi karena kurangnya vitamin C, yang menyebabkan masalah pada metabolisme yang memunculkan memar.

Peradangan pembuluh darah juga bisa memunculkan memar pada tubuh. Kurangnya pembentukan trombosit menjadi penyebab munculnya memar, penyakit ini disebut trombositopenia.

4. Kondisi lidah

Lapisan putih pada lidah bisa menjadi tanda bahwa pencernaan sedang mengalami masalah.

Lidah yang berwarna kuning dan tertutup lapisan yang sangat tebal bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan hati atau kantung empedu.

Lapisan keabu-abuan pad lidah muncul jika ada penyakit pada usus atau tubuh sedang mengalami dehidrasi.

5. Bagian putih mata

Warna kuning pada mata bisa jadi tanda bahwa hati mengalami kerusakan. Warna merah pada mata juga bisa disebabkan karena penyakit mata yang menular, atau setelah duduk terlalu lama di depan komputer.

6. Kuku

Kuku yang sehat biasanya halus, sedikit cembung, dan warnanya sama. Jika ada bintik kuning, coklat, hitam yang muncul pada garis kuku, mungkin itu menjadi sinya bahwa terjadi infeksi jamur.

Kekurangan vitamin D, B1, kalsium dan zat besi juga bisa merusak kuku. Bintik putih pada kuku, dan pecah, mungkin menjadi tanda rematik.

7. Gusi

Gingivitis adalah radang selaput lendir di sekitar gigi. Ini bisa menyebabkan gigi berdarah dan mungkin akan mengalami reaksi terhadap makanan panas dan dingin.

Periodontitis adalah penyakit gusi dimana makanan terjebak pada kantung gusi dan membuat radang pada gusi. Periodontal yang menyebabkan pembusukan lambat pada gusi. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.