foto: Majalan ESQ Life

Cerita dan Sejarah di Balik Nama Masjid Tiongkok yang Dikunjungi Jokowi

INSPIRADATA. Masjid Niujie, masjid tertua di Beijing, Tiongkok. Masjid yang dikunjungi Presiden Jokowi dan sebelumnya Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pun pernah mengunjungi masjid yang dibangun era Dinasti Liao pada 996 Masehi itu.

Di balik nama, pasti ada cerita. Pun begitu dengan Masjid Niujie ini, di samping sejarahnya yang sudah lama ada di Tiongkok, namanya mengandung arti tersendiri.

‘Jalan Sapi’

Masjid Niujie adalah simbol masuknya Islam ke daratan Tiongkok. Nama Nieuji mengacu pada banyaknya restoran halal di kawasan masjid yang menjual daging sapi. Nieujie sendiri artinya ‘jalan sapi’ yang secara administratif berada di Distrik Xuanwu, Kota Beijing.

Masjid yang mampu menampung 1.000 orang tersebut merupakan pusat komunitas umat Islam di Beijing yang jumlahnya mencapai 250 ribu jiwa.

Sepanjang sejarah, Masjid Niujie yang berdiri di atas lahan seluas 10.000 meter persegi itu mengalami tiga kali renovasi, yakni pada 1955, 1979, dan 1996.

Masjid Niujie juga dikenal sebagai kampung muslim karena di sekitar masjid terdapat permukiman yang mampu menampung kurang lebih 18 ribu keluarga muslim, dan memiliki lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas.

Di Kota Beijing, terdapat 70 masjid, sedangkan di seluruh daratan Tiongkok sekitar 23 ribu unit. []

Sumber: Liputan6


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *