cermin
Foto: Oddity Central

Cermin Ini Dijual dengan Harga Rp 40 Juta, Begini Keunikannya

Sebuah cermin berharga puluhan juta rupiah ada di dunia. Cermin yang ada di Turki ini dibanderol dengan harga berkisar US$2000-US$3000 (Rp27,38 juta-Rp40,85 juta).

Lalu mengapa cermin tersebut mahal sekali?

Dilansir dari Oddity Central, Minggu (29/10/17), cermin ini merupakan cermin berteknologi tinggi. Benda ini dirancang seperti tablet dan dilengkapi dengan cermin dan kamera kecil.

Cermin akan bekerja memantulkan bayangan pengguna hanya jika penggunanya tersenyum. Alat ini bisa digantung di tembok atau didudukkan di meja.

Desainer produk industria asal Turki, Bark Ilhan, mengatakan cermin tersebut dirancang khusus bagi pasien kanker. Tujuannya agar pasien mau tersenyum ketika becermin.

Ilhan terdorong menciptakan cermin ini karena ada seorang kerabat yang berjuang melawan kanker. “ Dia memberi tahu saya tentang hari pertama dia didiagnosis mengidap kanker. Dia sulit memandangi cermin dan menerima kenyataan bahwa dia terkena kanker,” kata dia.

Ilhan merancang cermin khusus ini setelah menamatkan program magister di School of Visual Arts di New York, Amerika Serikat, dan mengunjungi rumah sakit khusus kanker di Turki. Di sana dia berbincang dengan dokter dan pasien.

“ Saya belajar bahwa dukungan moral dan sosial adalah faktor penting yang bisa mengubah pasien,” kata dia.

Setelah dua tahun berkarya, cermin itu berhasil dibuatnya. Ilhan mengatakan ada sebuah riset yang menyebutkan bahwa tertawa bisa meningkatkan fungsi sistem imun dan ada juga yang menyebut bisa meningkatkan taraf hidup.

Kini, cermin khusus ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Dia pun menggalang dana untuk biaya produksi cermin. Penggalangan dana ini dilakukan di Kickstarter. Selain itu, Ilhan juga ingin menyumbangkan cermin ke rumah sakit kalau keuangannya sudah stabil. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *