Foto: Pulitzer Center

Chaupadi, Tradisi Kucilkan Perempuan Haid di Nepal

Foto: Pulitzer Center

INSPIRADATA. Chaupadi, adalah sebuah tradisi kuno masyarakat Nepal yang masih dipraktikkan hingga sekarang.

Tradisi ini mewajibkan mereka yang sedang haid dikucilkan di suatu tempat, tidur di dalam tenda atau di tanah lapang. Mereka juga dilarang melakukan kontak dengan orang lain, dan baru boleh kembali ke rumah saat masa haidnya sudah selesai.

Mirisnya, seperti tak ada hal yang positif yang bisa dipetik dari praktik ini. Bahkan, banyak wanita yang pada akhirnya jatuh sakit dan meninggal dunia.

Ancaman udara yang sangat dingin, tidur yang tidak nyaman sebab ruangan yang tidak layak, serta hewan buas yang bisa menerkam kapan saja sebenarnya menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan kembali saat menjalankan tradisi Chaupadi ini.

Pun demikian, tidak sedikit masyarakat yang masih memaksakan tradisi ini harus dijalankan.

Remaja wanita yang mengalami haid, harus meninggalkan kegiatannya sehari-hari akibat tak boleh melakukan kontak dengan dunia luar. Mereka harus bolos sekolah, tak bisa bertemu teman-teman, dan hanya duduk merenung sambil menunggu masa haidnya selesai.

Keluarga yang sesekali datang membawa makanan untuknya juga dilarang bersentuhan. Saat memberi makan, makanan akan dituangkan ke dalam piring dengan tetap menjaga jarak. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *