foto: AS airforce

China Gelar Uji Coba Senjata Non Nuklir

Laman situs perusahaan produsen senjata milik negara, NORINCO, merilis video pendek tentang uji coba persenjataan non nuklir.

Melalui laman ini diketahui Militer China telah menggelar uji coba untuk persenjataan non-nuklir terkuat miliknya yang dijuluki “Induk dari Segala Bom” atau MOAB.

Video, menayangkan detik-detik saat bom tersebut dijatuhkan ke daratan dan menghasilkan bola api raksasa bersamaan dengan asap hitam tebal.

BACA JUGA: Karyawan di Perusahaan China Dilarang Gunakan Perangkat Apple, Kenapa?

Pertama kali ‘pertunjukan’ bom tersebut dikabarkan kantor berita pemerintah China, Xinhua, melalui akun media sosialnya, pada Rabu (2/1/2019).

Xinhua menyebut bom itu dengan sebutan versi China “Induk dari Segala Bom” atau MOAB. Sebutan itu merujuk pada referensi mengenai bom AS yang pernah digunakan di Afghanistan.

Xinhua mengabarkan bahwa hanya kekuatan bom nuklir yang mampu melampaui kekuatan bom ini. Dalam uji coba ini, bom dijatuhkan dari pesawat pembom H-6K China.

BACA JUGA: G20, China AS sepakat Tunda Perang Dagang

Meski media Xinhua telah merilis secara resmi tentang uji coba bom terkuat itu, namun dalam laporan media tersebut, tidak disebutkan mengenai rincian, baik tanggal, lokasi, maupun jangkauan ledakan bom.

Harian Global Times, Jumat (4/1/2019), mengutip pendapat seorang pengamat militer China, Wei Dongxu, bom terkuat milik militer China tersebut memiliki panjang antara lima hingga enam meter dan lebih ringan dari bom terkuat versi AS.

“Ledakan besar yang dihasilkan akan dapat dengan mudah menghancurkan sebuah benteng pertahanan darat,” ujar Wei, dikutip AFP.

Amerika Serikat pada tahun 2017 lalu, juga telah menggunakan sebuah bom terkuat dan terampuh dalam koleksi persenjataannya.

AS menjuluki Bom terkuatnya sebagai “Induk dari Segala Bom” . Bom inilah yang dijatuhkan AS saat misi penghancuran jaringan terowongan ISIS yang berada di Afghanistan timur.

Presiden AS Donald Trump pada saat itu, mengaku bangga dengan pasukannya atas hasil operasi yang dijalankan dan memberi ucapa selamat atas keberhasilan mereka.[]

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

About Kesit Susilowati

Check Also

Dahsyat, Kentut Pria Ini Bisa Bunuh Nyamuk dari Jarak 6 Meter

radius kentut Joe bisa lebih besar daripada bom atom yang menghancurkan Hiroshima pada 1945.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *