kereta, China Sensor Ketat Medsos soal Kereta Kim Jong-un
Unik, Informatif , Inspiratif

China Sensor Ketat Medsos soal Kereta Kim Jong-un

0

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, itu Sabtu lalu telah bertolak ke Vietnam dari Pyongyang menggunakan kereta pribadinya yang berkelir hijau dengan garis kuning. Kereta itu berkecepatan hanya 60 kilometer per jam, sedangkan jarak tempuhnya mencapai 4.000 kilometer yang sebagian besarnya melintasi China.

Demam Trump-Kim Jong Un melanda medsos China juga. Pembicaraan hangat yang beredar di medsos China, Weibo. Tema yang hangat dibicarakan adalah tentang rute Kim Jong-un.

BACA JUGA: Korut Kirim Hadiah Jamur 2 Ton “Berharga” ke Korsel

Kereta Kim yang melintas ditandai oleh ditutupnya jalan-jalan, tertundanya jadwal kereta, hingga kemacetan lalu lintas. Masyarakat China di Weibo kesal karena perjalanan mereka terganggu.

Pemerintah China melancarkan jurus sensor ketat mereka pada medsos yang membicarakan saat kereta Kim Jong-un melintas menuju Vietnam. Segala macam kehebohan di media sosial soal kereta tersebut disensor, hilang tak bersisa.

Diberitakan AFP, Senin (25/2), di antara yang dihapus adalah tanda pagar “Penutupan jalan Zhengzhou”. Itu membuktikan sensor China ketat langsung menghapus seluruh pembicaraan soal ini.

Selain tanda pagar “Penutupan jalan Zhengzhou”, tanda pagar lainnya seperti “penutupan jalan Changsha” juga hilang di Weibo.

BACA JUGA: Resmi, Korut dan Korsel Buka Kantor Penghubung Bersama

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap, kereta Kim Jong-un telah melintasi kota Tianjin pada Minggu yang artinya sudah melewati Beijing. Menurut portal berita Ifeng, kereta tersebut telah melewati Wuhan di provinsi Hubei.

Direncanakan Kim Jong Un, juga akan menggunakan jalur darat menggunakan mobil untuk menuju Hanoi. Pertemuan Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump rencananya akan berlangsung pada Rabu dan Kamis pekan ini.

Pertemuan itu akan membicarakan lanjutan dari pertemuan mereka sebelumnya, yaitu denuklirisasi Korut. Direncanakan Kim akan mampir ke Beijing sepulangnya dari Vietnam untuk melaporkan pertemuan tersebut kepada Presiden China Xi Jinping.[]

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.