Unik, Informatif , Inspiratif

Ciri-ciri Busi Kendaraan Mesti Segera Diganti

0

SPARK plug atau busi punya peran penting bagi kendaraan. Busi berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran (Ignition) lalu menghantarkan energi panas tersebut keluar dari ruang pembakaran (Transfer). Busi juga berfungsi sebagai indikator pembakaran pada mesin. 

Karena itu, tanpa busi tak akan terjadi pembakaran di dalam mesin. Tanpa pembakaran otomatis kendaraan pun tak akan bisa melaju. Bagi Anda pemilik sepeda motor atau mobil perlu mengetahui ciri-ciri busi kendaraan Anda sudah perlu diganti, agar tidak membuat kerusakan makin parah atau kendaraan mogok di tengah jalan. Berikut ciri-ciri busi kendaraan yang sudah perlu diganti:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

Susah Start

Gejala pertama yang bisa dikenali adalah susah starter motor saat pertama dihidupkan. Gejala ini bisa dirasakan pada pagi hari sebelum Anda beraktivitas.

Susah Langsam

Gejala busi minta ganti bisa dirasakan pada saat langsam atau saat motor stasioner. Maklum, karena percikan api enggak maksimal akibat ground dan elektroda sudah tertutup kotoran.

Bahkan, kalau sudah parah bentuk elektrodanya bisa rusak.

Akselerasi Motor Menurun

Kemudian indikasi busi minta diganti bisa dirasakan pada saat akselerasi motor yang menurun akibat perubahan gap atau celah busi.

BACA JUGA: Sering Goyang-goyangkan Motor saat Isi Bensin? Kini Hentikan Kebiasaan Itu

Celah yang dimaksud adalah celah antara elektroda dan groudnya.

Jika ada masalah yang ditimbulkan akibatnya berubahnya celah, maka Busi enggak akan mengalirkan listrik di antara dua elektroda sehingga aliran listrik akan mengalir ke samping atau biasa disebut dengan Missfire.

Nah akibat busi yang mempercikan listrik atau api enggak stabil menyebabkan pembakaran motor jadi enggak sempurna.

BACA JUGA: Cara Atasi Knalpot Motor Ngebul Ibarat Asap Fogging Nyamuk

Boros Bahan Bakar

Gejala missfire yang ditimbulkan akibat busi mau mati mempengaruhi konsumsi bahan bakar motor Anda.

Karena itu, lebih baik cek busi juga setiap 2.000-3.000 km dan juga besihkan juga busi motor kamu biar kotoran bekas pembakaran enggak mengganggu pengapian di mesin nantinya.

Atau kalau Anda belum paham soal mesin, Anda bisa cek busi waktu servis motor dan atau waktu ganti oli.

[]

SUMBER: GRIDOTO

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.