Unik, Informatif , Inspiratif

Ciri Freon AC Mobil Perlu Diisi Ulang

0

AC termasuk komponen penting sebuah mobil, apalagi mobil pribadi. Gak kebayang kan jika Anda berkendara mobil sambil keringetan karena kepanasan di dalam mobil, pasti tidak akan nyaman bukan?

Karena itu, AC juga membutuhkan perawatan secara berkala. Jika tidak dilakukan, AC mobil bakal rusak. Salah satu penyebab AC mobil tak dingin adalah freon yang sudah mulai habis atau berkurang.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dideteksi pemilik mobil untuk mengetahui apakah freon AC pada mobil sudah habis atau berkurang.

BACA JUGA: Diklaim Termurah di Dunia, 5 Mobil Ini Nggak Murahan

Seperti dikutip AstraWorld, salah satu ciri adalah tidak dinginnya AC. Seperti diketahui, saat tombol AC dihidupkan, pipa tekanan tinggi pada AC dilengkapi dengan switch yang akan dihidupkan dan dimatikan berdasarkan tekanan freon. Namun, jika freon AC habis, sudah bisa dipastikan switch tersebut tidak bekerja juga karena tidak adanya tekanan freon dan alhasil kompresor tidak bekerja.

Jadi yang dikeluarkan hanya udara biasa yang didorong oleh blower sehingga tidak menimbulkan efek dingin dan kesegaran pada kabin. Hal sebaliknya, jika dihidupkan terus-menerus maka kabin justru akan terasa pengap.

Selain itu, ciri lainnya, extra fan tidak langsung berputar. Dalam kondisi normal, saat AC dihidupkan extra fan akan langsung berputar untuk mendinginkan kondensor AC. Namun jika freon habis, maka switch yang ada di pipa tekanan tinggi tidak terhubung, sehingga extra fan tidak menyala secara langsung.

BACA JUGA: Nahas, 4 Mobil Ambulans Ini Justru Bikin Pasiennya Meninggal Dunia

Ada busa pada check glass receiver drier, memang tempatnya agak tersembunyi untuk dapat menemukan receiver drier. Namun, dengan bentuk tabung dan bagian atasnya ada kaca menjadi ciri khusus komponen ini. Setelah ditemukan lalu hidupkan mesin dan hidupkan AC lantas cek dari permukaan kaca, jika ada busa berarti freon sedang berkurang atau habis sama sekali.

Jika Anda menemukan kondisi demikian, Anda bisa segera ke bengkel untuk dicek dari mana penyebab freonnya habis dan dapat mengisi kembali freon. []

SUMBER: 100KPJ


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.