Unik, Informatif , Inspiratif

Coba Cara Ini Untuk Atasi Keseringan Buang Air Kecil

0 132

Jika Anda merasa buang air kecil lebih sering dari biasanya, ada banyak kemungkinan yang terjadi pada tubuh Anda. Beberapa kondisi seperti Infeksi saluran kemih atau kandung kemih yang terlalu aktif (overactive bladder) biasanya berdampak pada frekuensi buang air kecil.

BACA JUGA: Bahaya Sering Menahan Kencing

Jika sudah demikian, harus segera ada penanganan agar kondisi tersebut tidak berlanjut pada masalah yang serius. Penanganan untuk kondisi sering buar air kecil adalah tergantung dari penyebabnya. Bila dikarenakan oleh infeksi, dokter biasanya akan memberikan antibiotik. Bila diabetes sebagai penyebabnya, maka penanganannya adalah mengontrol gula darah. Dan pada kasus kondisi kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder) dapat dibantu dengan langkah-langkah berikut:

1 . Melatih kandung kemih selama kurang lebih dua belas minggu. Cara melatihnya tergolong sederhana, yaitu mengendalikan jarak waktu buang air kecil. Hal ini dapat mengurangi frekuensi buang air kecil serta melatih kandung kemih untuk menyimpan urine lebih lama.

BACA JUGA: Bolehkah Berobat dengan Minum Air Kencing Manusia?

2 . Senam kegel dipercaya dapat menguatkan otot di sekitar kandung kemih dan uretra, sehingga dapat mengurangi dorongan buang air kecil. Mengendalikan kandung kemih dapat dilakukan dengan latihan yang berfokus pada panggul selama lima menit. Lakukan latihan ini setidaknya tiga kali dalam sehari.

3 . Mengubah pola makan, seperti menghindari konsumsi minuman keras, kafein, soda, tomat, cokelat, makanan pedas, serta pemanis buatan. Di samping itu, konstipasi juga dapat memicu seringnya buang air kecil. Perbanyaklah mengonsumsi makanan kaya serat dan cukupi kebutuhan air putih, tetapi sebaiknya menghindari minum ketika ingin tidur di malam hari.

BACA JUGA: Ini Kenapa Pria Tak Boleh Kencing Sambil Berdiri

4 . Akupuntur dipercaya dapat membantu wanita mengatasi masalah sering buang air kecil dengan memanipulasi titik akupuntur tertentu.

Jika Anda mencurigai seringnya buang air kecil yang dialami disebabkan oleh kondisi medis tertentu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi, ketika terdapat darah pada urine atau urine berwarna keruh. []

 

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline