Foto: Svinö Stugby

Coba Hal-Hal Sederhana Ini untuk ‘Ubah Dunia’

hal
hal (Foto: Svinö Stugby)

INSPIRADATA. Ubah dunia adalah harapan semua orang, dengan maksud kepada lebih baik. Tidak perlu dengan hal yang macam-macam, karena tak jarang hal sederhana pun turut andil mempengaruhi.

Coba hal-hal berikut ini, seperti dilansir Red Online:

Bantu tunawisma

Tunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan kepada tunawisma di sekitar. Selain uang, bantuan berupa pakaian, selimut, kantung tidur, air, makanan, bahkan cokelat pasti mereka terima dengan senang hati dan penuh syukur.

Temani lansia

Banyak warga lanjut usia (lansia) yang merasa kesepian di panti jompo. Menjadi relawan dan menghabiskan waktu menemani para lansia dan orang terisolasi dalam komunitas akan membantu melawan epidemi kesepian sekaligus membuat hati bahagia.

Dukung komunitas perempuan

Ada banyak komunitas perempuan marjinal di tiap daerah yang butuh dukungan. Mulai dari penyandang masalah kesejahteraan sosial, korban bencana, anak jalanan, sampai komunitas para ibu yang positif HIV karena pasangan.

Bicara

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk melawan semua aksi atau sentimen kebencian terhadap perempuan. Siapa saja perlu angkat bicara dalam forum maupun badan berwenang jika melihat korban pelecehan atau seksisme di sekitar, bahkan bila menjadi korban.

Lakukan kebaikan acak

Berbuat baik secara acak setiap hari akan mengubah dunia dengan cara yang tidak terduga. Berderma, berkunjung ke orang tua, mengirim surat pujian kepada pemerintah, menelepon saudara untuk bertanya kabar, membantu tetangga, termasuk beberapa ide yang bisa dicoba.

Ikut kelas khusus

Ada berbagai forum dan kelas khusus yang kerap menggelar diskusi untuk menganalisis permasalahan sosial budaya. Berinteraksi dengan pembicara atau peserta lain memungkinkan untuk saling berbagi dan membuat perubahan nyata pada dunia sekeliling. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *