Foto: Sebarr.com

Contra Flow, Apa Itu?

Saat ini tengah ramai diperbincangkan contra flow di Tol Cikampek Jakarta. Contra flow dimaksudkan untuk menanggulangi arus balik setelah mudik lebaran. Nah apa contra flow?

BACA JUGA: Duduk Terlalu Lama saat Macet Ternyata Berbahaya, Ini Tips Mengatasinya

Dikutip dari akun facebook deKalita, contra flow adalah rekayasa lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya menjadi melawan arus.

Sistem contra flow harus dipastikan pada bagian ujung penerapannya untuk dibuat sumbatan sehingga pada bagian lajur yang terdampak sistem dapat mengurangi kecepatan laju kendaraanya secara bertahap dan tidak membahayakan pengendara lainnya.

Minimal 500 meter sebelum titik diberlakukannya sistem tersebut harus dibuat penanda baik berupa rambu ataupun keberadaan petugas untuk memberi peringatan dan jeda kepada pengendara dari arah berlawanan tentang pemberlakukan sistem lawan arus itu.

BACA JUGA: Wow, Hanya di Belanda, Jalan Tol Ada di Bawah Air

Sistem ini dapat diterapkan untuk berbagai keperluan seperti evakuasi darurat, pemeliharaan jalan, atau pengatasan kemacetan. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *