corona, Corona, Tragedi Kemanusiaan Dunia
Unik, Informatif , Inspiratif

Corona, Tragedi Kemanusiaan Dunia

0

Oleh: Dedi Juhari – Purwakarta Kota

Hari-hari ini kita semua disibukkan dengan Corona. Virus yang jauh berasal dari Wuhan, China. Namun karena efeknya yang cukup mengerikan, Corona menjadi perhatian kita. Di medsos, kita melihat orang-orang Wuhan bertumbangan bagai terkena zombie. Corona menyebar demikian hebat, bahkan hanya dengan lewat orang bersin atau bersentuhan tangan saja.

Kita juga sudah mendengar, ada beberapa penyebab timbulnya virus ini. Yang paling santer adalah karena konsumsi hewan-hewan liar di negeri tersebut. Virus yang tadinya hinggap di hewan, bertransmisi pada manusia.

Orang Islam, sudah dengan jelas diperintahkan Allah SWT dalam Al-Quran untuk memakan makanan yang baik saja. “…dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya.” (Surat Al Maidah : 88).

Kita tentu paham, mana saja yang bisa kita masukkan sebagai makanan yang baik. Jika terlalu bingung dengan perintah Quran, simpel saja, ilmu medis juga sudah memaparkannya.

Silakan Anda gugling, bagaimana Tikus misalnya. Medis tentu saja akan memberikan gambaran apa saja yang bisa diberikan oleh satu daging hewan pengerat itu. Mulai dari protein, kalori, dan lemak.

Tapi medis juga sudah menegaskan bahwa tikus hidup secara liar dan mengonsumsi sampah serta kotoran makhluk hidup lainnya. Karenanya sangat mungkin, mereka membawa berbagai patogen atau parasit di dalam tubuh mereka. Lagipula, jika kita butuh protein, kalori, atau lemak, apa yang salah dengan kambing atau sapi?

Tentu kita mendoakan, bahwa Corona akan segera bisa ditangani dengan baik, dan para penderitanya juga diberikan kepulihan. Wabah yang menjangkiti Wuhan adalah tragedi kemanusiaan. Namun yang menjadi catatan, adalah bagaimana ini jangan sampai lagi terjadi di masa-masa mendatang.

Coronavirus dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Terbukti bahwa selama ini pasien yang terjangkit mengeluhkan bahwa mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas.

Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona:

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum.
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat.
7. Perbanyak minum air putih.
8. Jangan lupa, senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar kita dan keluarga dilindungi. []

Rujukan: Wikipedia | MedicineNet


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.