Unik, Informatif , Inspiratif

Cuci Tangan, Awas Jangan Sampai Salah!

0 5

Walau sering dianggap sebagai hal yang sepele, mencuci tangan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Nah, sebagian orang mungkin menganggap bahwa mencuci tangan cukup dilakukan dengan menggunakan air saja. Padahal, kuman dan bakteri akan tetap menempel jika tidak dibersihkan dengan sabun.

Mencuci tangan juga tidak sembarangan, kuman dan bakteri bisa saja tetap menempel jika cara mencuci tangan yang Anda lakukan tidak benar.

Untuk itu, mari simak langkah-langkah mencuci tangan yang distandrkan oleh WHO berikut ini:

FOTO: tessamarvelian1024.blogspot.com

Langkah 1. Hidupkan kran air yang mengalir, basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan. Ambil sabun dan usap secara merata, lalu gosokkan kedua telapak tangan dengan lembut agar kuman yang ada di telapak tangan hilang.

BACA JUGA: Cuci Tangan Tanpa Sabun, Jadi Sebab Banyaknya Diare Mematikan di Indonesia

Langkah 2. Untuk menghilangkan kuman pada bagian luar tangan, Anda bisa mengusap dan menggosokan kedua punggung tangan secara bergantian agar kuman tak bersisa di tangan.

Langkah 3. Jangan lupa, kuman juga menempel pada sela-sela jari tangan Anda . Maka dari itu, gosok juga bagian sela-selanya hingga sabun berbusa.

Langkah 4. Kuku juga bagian terpenting dari tangan. Banyak kuman yang bersembunyi dan bersarang pada kuku. Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan bagian ujung kuku secara bergantian dengan mengatupkannya.

Langkah 5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian hingga bersih.

Langkah 6. Letakkan ujung jari atau ujung kuku pada telapak tangan lainnya dan gosok memutar secara perlahan agar kuman dan bakteri segera hilang.

BACA JUGA: Dianjurkan Cuci Tangan Setelah Bangun Tidur, Kenapa?

Langkah 7. Tahap terakhir, bersihkan pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar. Bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk atau tisu. []

SUMBER: HIPWEE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline