Unik, Informatif , Inspiratif

Daging Kambing Sebabkan Hipertensi?

0

Daging kambing, salah satu jenis daging yang banyak dibagikan sebagai daging kurban saat lebaran Idul Adha.

BACA JUGA: Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Dibandingkan dengan daging sapi, domba, dan ayam -yang paling sering dikonsumsi di Indonesia, daging kambing paling rendah lemak dan kalori.

Menurut para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), daging kambing memiliki komposisi gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging-daging yang disebutkan tadi. Namun demikian, daging kambing bukanlah penyebab hipertensi.

Pengolahannya, sebagai pemicu

Salah satu dokter dari KlikDokter, dr. Andika Widyatama, pengolahannya yang memicu hipertensi dalam tubuh. Selain itu, penggunaan minyak ketika menggoreng daging juga berpengaruh dalam munculnya penyakit hipertensi.

“Jadi sebenarnya, dari daging kambing itu sendiri tidak langsung menyebabkan hipertensi, tapi dari pengolahannya.

Misalnya, terlalu banyak garam. Lalu, jika diolah dengan cara menggoreng, tentu menggunakan minyak, kalau menggunakan minyak jenuh, bisa menyebabkan pembuluh darah jadi kaku dan itu penyebab darah tinggi,” ujar dr. Andika Widytama.

Selain itu, dr. Andika menyarankan, saat memutuskan memakan daging kambing, carilah bagian yang tidak banyak lemah jenuhnya. Bagian lemak jenuh pada daginglah yang bisa memicu hipertensi.

Selain pengolahan daging tersebut, ada beberapa faktor yang berkontribusi dalam menaikkan tekanan darah setelah mengonsumsinya, yakni tingginya kadar kolesterol darah seseorang serta penyakit lainnya.

BACA JUGA: Idul Adha, Sehat Mana Daging Sapi atau Kambing?

Sementara itu, sebuah studi klinis yang dilakukan oleh Harvard University menyatakan bahwa lemak jenuh berkontribusi terhadap risiko penyakit kardiovaskular. Ini adalah efek lain dari hipertensi dalam tubuh.[]

SUMBER: KLIKDOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline