Unik, Informatif , Inspiratif

Daging Kurban Masih Banyak dan Disimpan di Kulkas? Perhatikan Beberapa Ini!

0

Kadangkala kita bingung saat mendapatkan limpahan daging saat Idul Adha, banyak yang memilih untuk menyimpannya saja di kulkas untuk diolah beberapa waktu ke depan. Namun ada hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin melakukan hal tersebut.

Daging ynag ingin disimpan di kulkas, disarankan agar tidak dicuci terlebih dahulu.

“Bila daging dicuci terlebih dahulu akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri,” ungkap dokter spesialis gizi, dr Laila Hayati, M.Gizi, Sp.GK, lansir Okezone.com. 

Jika daging kotor?

Namun, bila daging kotor, Anda disarankan untuk mencuci dan merebusnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Selain itu, sebelum memasukkan ke dalam kulkas, pastikan daging terbungkus dengan rapi menggunakan plastik.

Disimpan ke freezer?

Daging yang sudah terbungkus bila diletakkan dalam kulkas bisa bertahan 2-3 hari saja. Bila terlalu lama bisa memicu bakteri. Sedangkan, bila diletakkan di dalam freezer bisa bertahan hingga berbulan-bulan dan tetap aman untuk dikonsumsi.

Hal itu dikarenakan daging menjadi membeku saat disimpan di freezer. Dikutip dari berbagai sumber, pembekuan daging adalah cara terbaik agar daging tetap segar dan tahan lama. Selain itu, pembekuan mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit bawaan.

Hanya saja, Anda harus memastikan daging disimpan dalam suhu kurang dari 0°C atau paling tidak -17°C dan tanpa fluktuasi. Sebab, proses pencairan dan penguraian makanan bisa membuat bakteri dan jamur berkembang biak sangat pesat saat suhu meningkat. “Bakteri tidak akan bereproduksi di dalam freezer, tapi pembekuan tidak akan membunuh mereka.

Jadi, apapun yang ada pada daging saat dibekukan, akan kembali ketika daging tersebut dicairkan,” ungkap Doug Goff, seorang profesor ilmu makanan di University of Guelph di Ontario.

Mengingat tetap adanya bakteri di daging walaupun dibekukan, Anda tidak disarankan untuk menyimpannya terlalu lama. Idealnya daging disimpan selama 4 bulan agar tidak tercemar bakteri dan kualitasnya tetap terjaga.

Daging yang terlalu lama disimpan rasa dan teksturnya akan menurun ketika dimasak. Sehingga ketika dimakan, daging hasil pembekuan tidak senikmat daging segar yang langsung dimasak.

Daging juga harus dimasak dengan suhu yang tepat agar membunuh bakteri yang tersimpan di dalamnya sehingga Anda tidak terkena penyakit. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengeluarkan lalu membekukan daging kembali. Hal itu akan membuat daging terkontaminasi bakteri. Keluarkanlah daging ketika Anda benar-benar ingin memasaknya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.