Cuci muka (Foto: Liputan6)

Dampak Basuh Muka dengan Sabun Usai Bangun Tidur

basuh muka (Foto: Liputan6)

INSPIRADATA. Ada dua tipe orang ketika bangun tidur ketika mengatasi mukanya. Ada yang memiliki wajah berminyak yang langsung saja mencuci mukanya itu dengan sabun, dan ada ynag cukup dengan air saja.

Bagi mereka yang rutin mencuci muka dengan sabun di pagi hari, basuhan dengan air saja tidak cukup, karena seakan-akan minyak pada kulit wajah masih tertinggal, apalagi jika kulit wajah kita cenderung berminyak dan berjerawat.

Namun, banyak pakar kesehatan justru menyarankan kita yang memiliki tipe kulit wajah ini justru tidak mencuci muka dengan sabun di pagi hari. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Fakta menunjukkan bahwa jika kulit wajah kita cenderung berminyak dan berjerawat, maka mencuci muka dengan sabun di pagi hari tidak akan memberikan efek positif apapun bagi kulit wajah.

Pakar kecantikan Arleen Lamba, M.D dari Blush Med Skincare di Maryland, AS, menyebutkan jika saat kita tertidur, kulit ternyata sedang melakukan pembersihan dan perbaikan diri secara alami dengan memproduksi minyak alami. Jika kita justru membersihkan minyak ini, kita justru akan mengurangi keseimbangan pada kulit wajah di pagi hari.

Jika kita tetap rutin membersihkan muka dengan sabun di pagi hari, dikhawatirkan kulit wajah akan mengalami iritasi layaknya kulit yang semakin kemerahan, hingga munculnya jerawat.

Karena alasan inilah pakar kecantikan menyarankan kita yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat untuk membersihkan kulit wajah di malam hari saja dengan produk pembersih yang menjaga kelembaban kulit.

Untuk pagi hari, ada baiknya kita membasuh muka dengan air hangat saja sehingga kulit wajah justru akan mendapatkan sensasi tenang, lebih lembut, dan lebih sehat.

sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *