Membekukan makanan sebelum dingin akan menaikkan temperatur di kota pembeku dan menyebabkan makanan lain jadi tak beku lagi.
Foto: kemptonexpress.co.za

Dampak Buruk Sisa Makanan di Piring Bisa Bahayakan Bumi

Menyisakan makanan di piring bukanlah perilaku yang baik. Selain menyia-nyiakan rezeki, hal ini juga memberikan dampak buruk bagi kelangsungan kehidupan bumi.

Fakta terbaru mengungkapkan, menyisakan makanan ternyata berdampak buruk di sisi ekonomi dan juga lingkungan. Menurut data FAO, jumlah makanan yang terbuang setiap tahunnya mencapai 1,3 trilyun ton. Jika dikonversikan ke mata uang, maka kerugian akibat makanan yang terbuang mencapai 750 triliun dolar.

Jumlah tersebut bukan saja dihitung dari harga makanan yang terbuang, tetapi juga pada perhitungan sumber daya yang disia-siakan baik dari sisi produksi, distribusi, hingga ke tangan konsumen.

Tidak hanya sampai di situ, makanan yang terbuang juga menunjukkan pada besarnya sumber daya seperti lahan, tanah, dan air yang sia-sia. Dengan jumlah tersebut, maka lahan yang terbuang setara dengan jumlah keseluruhan dari daratan Cina, Mongolia, dan Kazakhtan yang artinya akan menduduki daratan terluas kedua di dunia setelah Rusia.

Jumlah air yang digunakan untuk pertanian tentu juga akan sia-sia. Jumlah air yang digunakan dari berbentuk bibit sampai panen yang terbuang jika ditotal dari keseluruhan makanan yang terbuang mencapai 250 km3 yang artinya jumlah konsumsi air terbesar di dunia. Jumlah yang terbuang ini dapat mengakibatkan kesulitan air pada 700 juta orang di seluruh dunia.

Hal yang lebih mengejutkan bahwa makanan yang terbuang ini ternyata akan menjadi gas metan yang setara dengan 3,3 gigaton gas karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Besaran jejak karbon ini berada pada posisi ketiga setelah China dan Amerika Serikat.

Dengan fakta-fakta tersebut, kita harus mulai berpikir bagaimana caranya bijak dalam memanfaatkan makanan, dimulai dengan menghabiskan makanan yang ada di piring kita.

Kita harus faham, langkah-langkah kecil seperti tidak menyisakan makanan tentunya juga akan berdampak besar pada masa depan bumi kita. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *