kesehatan, Dapatkan Berlian Kesehatan di Pagi Hari
Unik, Informatif , Inspiratif

Dapatkan Berlian Kesehatan di Pagi Hari

0

Kegiatan ini cukup murah dan mudah tetapi, memiliki manfaat yang besar. Car Free Day. Bukan hanya murah meriah tetapi membuat tenang pikiran dan juga kondisi mental.

Paparan sinar matahari pagi yang terjadi ketika berolahraga di car free day tentu terasa hangat dan membuat lebih semangat.

Menurut dr. Irma Rismayanty, paparan sinar matahari pagi dapat meningkatkan pengeluaran hormon serotonin yang berada di otak.

BACA JUGA: Ini yang Dilakukan Nabi dan Orang Sholeh di Pagi Hari

Tak hanya itu, sinar matahari pagi juga bisa mendatangkan beragam manfaat berikut ini:

1. Mencegah kanker

Sinar matahari berlebih memang dapat berkontribusi pada kanker kulit, namun paparan sinar matahari secukupnya memiliki manfaat sebaliknya, yaitu mencegah kanker.

Menurut para peneliti, mereka yang tinggal di daerah yang kurang sinar matahari berpotensi lebih tinggi untuk mengalami kanker usus besar, Limfoma Hodgkin, kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker prostat.

2. Baik untuk kesehatan mental

Jarang terpapar sinar matahari pagi dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin, yang dapat menyebabkan depresi berat.

Efek serotonin dipicu oleh sinar matahari yang masuk melalui mata, yakni area khusus di retina. Jadi, bangun siang dan cuaca mendung dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan mental.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Paparan radiasi ultraviolet B pada sinar matahari memicu kulit seseorang untuk menciptakan vitamin D. Tentu, hal ini mampu memainkan peran besar dalam kesehatan tulang. Tingkat vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak dan penyakit yang merusak tulang seperti osteoporosis dan osteomalasia.

4. Obat kulit mujarab

BACA JUGA: Masya Allah, Beginilah Proses Terjadinya Matahari Terbit dari Barat

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), paparan sinar matahari pagi dapat membantu mengobati beberapa masalah kulit. Dokter telah merekomendasikan paparan radiasi UV untuk mengobati psorias, eksim, penyakit kuning, dan jerawat.

Sinar matahari pagi, yang terpapar langsung pada lengan, tangan, dan wajah tanpa adanya lapisan sunscreen atau tertutup baju selama 5–15 menit selama 2–3 kali dalam seminggu bisa mendatangkan manfaat di atas. Namun, apabila intensitas paparan sinar matahari melebihi anjuran tersebut, bukan tak mungkin efek negatif yang justru akan terjadi.

Hindari terkena sinar matahari antara pukul 10.00–16.00 karena membuat Anda terkena sunburn atau kulit terbakar.  []

SUMBER: KLIKDOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.