Peradaban Islam, Dari Indonesia: Antropolog Belanda Ungkap Pesatnya Peradaban Islam Asia Tenggara
Unik, Informatif , Inspiratif

Dari Indonesia: Antropolog Belanda Ungkap Pesatnya Peradaban Islam Asia Tenggara

0

Antropolog Belanda, Bart Barendregt menyebutkan bahwa Asia Tenggara tengah memiliki peradaban Islam yang berkembang pesat.

BACA JUGA: Rahasia Kejayaan Peradaban Islam

Saat ia mengisi kuliah perdana Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ia mengungkapkan kajian Muslim Asia Tenggara di media sosial.

“Awal mula saya tertarik melakukan penelitian mengenai Islam. Asia Tenggara menjadi tempat yang dipilihnya karena peradaban Islam sangat pesat,” ujar Antropolog Leiden University itu,

Bart melanjutkan, Indonesia sebagai bagian dari Asia Tenggara yang memiliki populasi penganut Islam terbanyak di dunia. Ia memulai penelitian soal Islam pertamanya dari Pulau Sumatra.

“Saya ke Padang untuk menulis tentang ilmu silat, khususnya tentang ilmu bela diri dan bagaimana kaitannya dengan tradisi Islam, di situ saya mulai tertarik meneliti Islam lebih jauh yang ada di Indonesia,” tutur Bart.

BACA JUGA: Tak Hanya Pandai Urusan Dapur, dalam Peradaban Islam Perempuan Mampu Mengguncang Dunia

Dia mulai mengenal dan tertarik dengan pengaruh media sosial terhadap peradaban Islam sejak 1998 sampai 1999. Saat itu Islam mulai menggunakan media itu dalam melakukan dakwah. []

SUMBER: REPUBLIKA | GOMUSLIM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.