Unik, Informatif , Inspiratif

Dari Kecantikan hingga Kesehatan, Ini Manfaat Minyak Zaitun

0

Selain madu dan mandi susu, Cleopatra juga menggunakan minyak zaitun saat melakukan perawatan kecantikan. Dan lihat, sampai hari ini kita tetap terpesona atas pencapaian dalam hal kecantikannya.

Sebenarnya minyak zaitun tidak hanya bermanfaat dalam perawatan kulit dan kecantikan. Masyarakat Yunani sudah sejak dulu menggunakan minyak zaitun nyaris di setiap masakannya. Hal itu menyebabkan rata-rata masyarakat Yunani awet muda secara biologis, dan tingkat kesehanntannya yang tinggi.

BACA JUGA: Ini Khasiat Zaitun untuk Kecantikan

Yup, ini karena manfaat minyak Zaitun sangat banyak. Minyak Zaitun jenis extrac virgin oil dapat menggugah selera saat digunakan untuk memasak sayuran, menggoreng ikan, atau daging.

Minyak Zaitun bisa mencegah obesitas. Dalam ‘The British Journal of Nutrition’, penggunaan minyak zaitun yang menggantikan minyak jenuh, untuk kebutuhan sehari-hari selama empat minggu tanpa mengubah pola makan, dapat mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Dalam jurnal ini juga disebutkan oil extra virgin olive dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Disebutkan juga minyak zaitun dapat mencegah osteoporosis.

Squalene yang terdapat dalam minyak zaitun juga bermanfaat sebagai anti kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti TBC, flu, diabetes, dan hepatitis.

BACA JUGA: Zaitun dan Pengobatan ala Rasulullah

Tokoferol dan vitamen E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat berperan sebagai anti oksidan. Selain itu minyak zaitun menjaga kesehan jantung, dan mencegah stroke. []

SUMBER: Sehatdengan Rempah dan Bumbu Dapur. Made Astrawan.

Redaktur: Kesit S


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.