Asma (foto: starberita)

Dari Makanan hingga Penyebab, Ini Himbauan buat Penderita Asma

Asma termasuk salah satu penyakit paru-paru akut dan jenis penyakit jangka panjang, kronis, hingga mematikan. Para ahli yang melakukan penelitian berkesimpulan, gizi buruk adalah penyebab utama seseorang menderita asma.

Di Amerika Serikat, jumlah penderita asma setiap tahun kian meningkat. Kebiasaan konsumsi makanan olahan dan cepat saji dibanding sayur dan buah diyakini menjadi penyebab utamanya. Apalagi bagi penderita obesitas, risiko asma menjadi semakin meningkat.

Seperti dilansir Boldsky, para peneliti menemukan orang-orang yang menjaga pola makan dengan memperhatikan kecukupan gizi yang sehat serta kondisi berat badan tidak berlebih, akan jauh dari gangguan paru-paru.

Buah seperti kiwi dan jeruk wajib dimasukkan dalam daftar menu.

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah tersebut dapat mengurangi pembengkakan pada paru. Sayuran segar berwarna hijau pun sangat direkomendasikan karena mengandung sejumlah besar vitamin yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh sebelum menyerang paru-paru.

Tak hanya buah dan sayur saja, tapi jenis kacang dan biji-bijian pun menjadi menu wajib yang harus dipenuhi bagi penderita asma. Kacang yang tinggi magnesium dan vitamin E akan membentuk kekebalan tubuh, sedangkan biji-bijian direkomendasikan bagi orang yang ingin mencegah datangnya penyakit asma, terutama pada anak-anak.

Menu makanan laut, telur dan jus lemon pun bisa jadi tambahan untuk menguatkan tubuh dan menghindarkan paru-paru dari serangan asma. []

Sumber: Boldsky | Halalifstyle


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *