Unik, Informatif , Inspiratif

Dari Sanksi hingga Penjara, Ini Hukuman Truk Kelebihan Angkutan

0

Kementerian Perhubungan berjanji akan terus memerangi truk Over Dimensi dan Over Load (ODOL), salah satu caranya dengan membawa kasus tersebut ke meja hijau.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya akan membawa kasus truk ODOL ke jalur hukum sebab dalam undang-undang truk ODOL termasuk salah satu tindak kejahatan seperti diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009.

BACA JUGA: Tak Kuat Menahan Beban, Truk Colt Deisel Terguling di Bogor

“Yang over dimensi memang ada unsur di UU itu masuk ranah kejahatan. Makanya saya harapkan pelaku karoseri yang sekarang sudah terlanjur saya minta disesuaikan, yang belum, tolong berhenti,” kata Dirjen Budi di Gedung Kemenhub, Rabu (4/7/2018) lansir Merdeka.

Pihaknya juga telah menyiapkan 60 Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk menyelesaikan permasalahan truk ODOL.

Adapun sanksi yang diterapkan pada pengusaha bisa berupa sanksi denda atau kurungan penjara.

“Akan kita lakukan penyidikan dan saya sudah mendidik 60 PPNS yang memiliki kualifikasi untuk melakukan penyidikan terhadap perkara – perkara over dimensi. Jadi nanti akan kita berkas akan kita kirim ke pengadilan dan tidak menggunakan kayak sidang tilang, langsung menggunakan sidang terhadap kejahatan,” tegasnya.

Dirjen Budi menegaskan akan terus memerangi permasalahan truk ODOL tersebut sebab kerugian yang disebabkan terlalu besar. Kerusakan jalan akibat truk ODOL menimbulkan kerugian hingga Rp 43 T per tahun. Sementara biaya untuk membangun jalan hanya Rp 26 T.

BACA JUGA: Repotkan Petugas Bank, Sopir Truk Ini Wariskan 2,5 Ton Uang Logam kepada Keluarganya

“Niat kami saya sudah sepakat dengan teman-teman baik pusat dan daerah kita harus menyelesaikan masalah over load dan over dimensi karena apa? kita malu lah ya dianggap sebagai negara yang belum selesaikan ODOL, India, Thailand, Vietnam sudah,” lanjut Budi. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.