Unik, Informatif , Inspiratif

Debat soal Fiksi dengan Akbar Faizal, Begini Penjelasan Rocky Gerung

0

Dosen Filsafat UI, Rocky Gerung membuat pernyataan yang cukup kontroversial saat menghadiri acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (10/4/2018).

Rocky  mengatakan bahwa kitab suci adalah fiksi, namun hal yang baik. Hal ini berbeda dengan fiktif atau bohong.

“Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif,” ujarnya.

Dirinya juga mengaitkan dengan kitab suci dan aktivitas berdoa yang menurutnya merupakan fiksi.

“Anda berdoa, Anda masuk dalam energi fiksional bahwa dengan itu Anda akan tiba di tempat yang indah,” Rocky menjelaskan.

Rocky menambahkan, dalam agama, fiksi adalah keyakinan. Dalam literatur, fiksi adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi.

Pernyataan Rocky tersebut langsung ditanggapi oleh Akbar Faizal yang juga menjadi narasumber dalam program acara tersebut.

“Ini bagus, saya suka. Saya tiba-tiba harus kembali ke kelas-kelas filsafat. Sebagian pemahaman saya yang sederhana terkait ucapan anda yang menyebut kitab suci adalah fiksi, pada titik tertentu saya bisa pahami.

Tapi saya tidak tahu argumen tentang ini anda bangun pada kitab suci yang mana? hati-hati. Tentu saja saya mencoba memahami apa yang anda katakan.

Tapi di dalam agama kami, di Islam fiksi yang saya katakan tadi dalam kenyataannya terbukti dalam kehidupan kami sebagai muslim. Jadi dia bukan fiksi lagi, dia menjadi fakta. Jadi jangan katakan saya tidak paham apa yang anda maksud”, ujar Akbar Faizal.

Mendengar pertanyaan dari Akbar Faizal, Rocky Gerung menanggapi,”Oke, saya paham warna kalimat anda kemana dan jangan coba-coba jebak saya. Anda tanya kitab suci yang mana, saya tidak jawab. Waktu saya memilih kata kitab suci, dengan sendirinya saya menghindari menyebut-menyebut nama kitabnya. Seharusnya anda paham itu”, jawab Rocky Gerung.

“Lho nggak bisa dong Pak Rocky. Karena anda mencoba memulainya, maka saya mulai juga dengan mengatakan yang saya pahami adalah kitab suci saya. Tapi anda mengatakan, jangan jebak saya, enggak”,ujar Akbar Faizal mengutip Tribunnews.

Mereka berdua lantas dilerai oleh host, Karni Ilyas.

Hal ini lantas mendapat tanggapan dari seorang netizen dengan akun @John_Nelwan:

“Anda sdh jelaskan kalau FIKSI bukan KEBOHONGAN atau FIKTIF, lalu kenapa nggak berani menjelaskan pertanyaan @akbarfaizal68 ? Itu POINT-nya..

Anda ‘terselamatkan’ olh Bang @karniilyas yang segera menyudahi interaksi anda dengan Akbar Faisal…!”

Menanggapi ucapan netizen tersebut, Rocky justru membuat pengakuan.

“Saya gak bisa power point :))”

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.