Unik, Informatif , Inspiratif

Demi Genjot Wisatawan, Patung Tertinggi di Dunia, India Pindahkan 300 Ekor Buaya

0

Patung Statue of Unity setinggi 182 meter dan dinobatkan sebagai yang tertinggi di dunia itu menampilkan sosok pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, di Gujarat, India.

Patung itu telah diresmikan pada 31 Oktober 2018, terletak di daerah terpencil di distrik Narmada, sekitar 100 kilometer dari kota terdekat, Vadodora, berjarak 200 kilometer dari kota utama Gujarat, Ahmedabad.

BACAJ JUGA: India Segera Dirikan Patung Manusia Tertinggi di Dunia

Tidak adanya layanan kereta api atau pesawat yang dapat menjangkau lokasi obyek wisata tersebut, memaksa pengunjung menggunakan bus melalui jalur darat dari Vadodora untuk tiba di lokasi.

Pembangunan patung yang memakan biaya hingga 29,9 miliar rupee (sekitar Rp 6,1 triliun) ini membutuhkan waktu pengerjaan hingga empat tahun dengan dikerjakan 3.500 pekerja.

Pindahkan keluarga juga

Sebelumnya, pemerintah negara bagian Gujarat mengatakan, sebanyak 185 keluarga harus dipindahkan demi pembangunan patung. Mereka mendapat kompensasi berupa uang serta lahan baru seluas 475 hektar.

BACA JUGA: Maraknya Pungli di Kawasan Wisata Religi Banten Lama

Kini, demi menjaga keamanan para pengunjung, pemerintah India memindahkan 3oo ekor buaya. Pemerintah menginstruksikan kepada Pejabat dinas kehutanan setempat, Anuradha Sahu, untuk melakukan pemindahan buaya. Pemindahan itu dilakukan karena jumlah wisatawan yang akan meningkat ke bangunan di tepi sungai yang banyak buayanya.

Upaya pemindahan tersebut menuai kritik dari para aktivis hewan liar. Menurut anggota dewan margasatwa negara bagian, Priyavrat Gadhvi mengatakan, relokasi apa pun seharusnya didahului dengan analisis ilmiah yang menyeluruh.

Namun, walau menuai kritik para aktivis hewan liar, Sekitar 300 ekor buaya tetap akan dipindahkan dari sungai Narmada, dekat Waduk Sardar Sarovar, negara bagian Gujarat, India.

BACA JUGA: Siapa Sangka, Tempat Wisata Ini Dulunya Tak Ada

Langkah pemindahan reptil yang terancam punah itu dilakukan guna membuka jalan untuk layanan pesawat amfibi yang akan mengantarkan pengunjung yang ingin ke obyek wisata Statue of Unity.

Proses pemindahan satwa dilindungi itu telah dimulai dengan buaya yang dapat mencapai panjang tiga meter, dipancing ke dalam kandang besi untuk kemudian dibawa menggunakan truk ke lokasi lain.

Menurut sebuah sumber kepada AFP, Jumat (25/1/2019).”Sejauh ini sekitar selusin buaya yang sudah ditarik dari tanggul nomor tiga di waduk yang disebut paling memungkinkan untuk dijadikan dermaga pesawat amfibi.” []

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline