Foto: Whatsapp

Demi Keamanan, Zimbabwe Wajibkan Admin Grup WhatsApp Punya Izin Pemerintah

Beda halnya dengan bergabung dan menjadi admin grup WhatsApp di Indonesia, Zimbabwe memiliki peraturan khusus untuk hal tersebut.

Di Zimbabwe, seluruh admin grup WhatsApp harus mempunyai izin pemerintah. Bila tidak, anggota grupnya akan dianggap sebagai pelaku kriminal.

Dilansir dari Zambian Observer, Jumat (20/10/2017), aturan itu berisi bahwa semua admin grup WhatsApp harus memilki sertifikat, minimal level 1 dari Border Gezi University of Cyber Security, Treat Detection, and Mitigation.

Patrick Chinamasa, Menteri Keamanan Siber, Deteksi Ancaman, dan Mitigasi Zimbabwe, mengatakan bahwa dikeluarkannya aturan yang dibuat pemerintah ini bertujuan untuk memberikan keamanan siber dan sebagai upaya pencegahan ancaman dari media sosial yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan negara itu.

Namun, tak terdapat penjelasan terkait sanksi yang akan diberikan jika admin grup tidak mengantongi sertifikat dari pemerintah. Aturan ini akan mulai berlaku per 1 November 2017. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *