Demi Kesehatan, Perhatikan Ini Jika Kehujanan (2)

kehujananINSPIRADATA. Musim hujan memang rentan akan serangan beberapa penyakit ke tubuh kita. Sakit kepala, demam, flu dan lain-lain, seringkali terjadi. Apalagi kalau sudah kehujanan. Oleh karena itu, ‘pepatah sedia paying sebelum hujan’ tidak boleh diabaikan. Pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati. Maka, sebelum serangan sakit terjadi, beberapa hal ini perlu menjadi bahan perhatian kita:

  1. Pakaian basah. Jika pakaian dan sepatu Anda basah, suhu dingin akan menyelimuti tubuh sehingga kekebalan tubuh akan menurun. Yang membuat Anda sakit adalah terlalu lama mengenakan pakaian basah, karena kelembabannya bisa meresap ke dalam paru-paru. Dalam kondisi basah demikian, tubuh Anda lebih rentan terhadap infeksi virus dan jamur. Maka segeralah ganti seluruh pakaian yang melekat pada tubuh setelah kehujanan.
  2. Mandi. Karena suhu tubuh menjadi dingin ketika kehujanan, maka Anda perlu mengembalikan suhu tubuh ke suhu normalnya. Salah satu caranya adalah dengan segera mandi air hangat. Pastikan Anda membersihkan seluruh bagian dan lipatan tubuh (bisa menggunakan sabun antiseptik), termasuk mencuci rambut yang juga terkena hujan. Kalau berjilbab? Anda tetap harus keramas, karena kain jilbab yang basah menyebabkan rambut lembab, lepek, serta bau. Setelah keramas, keringkan rambut sampai benar-benar kering.
  3. Makanan dan minuman. Cara lain untuk mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal setelah membersihkan diri adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat dan tentunya bersih. Sup, teh, atau susu adalah pilihan tepat yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Hindari sembarang membeli makanan/minuman hangat saat hujan, karena yang Anda konsumsi bisa jadi tercemar polusi atau virus. Jadi, Anda tidak akan mudah terserang demam dan sakit kepala setelah kehujanan jika Anda segera membersihkan diri dan menghangatkan tubuh. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi vitamin dan makanan/minuman bernutrisi ya, agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.[]

Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *