Foto: VideoBlocks

Demi Kesehatan, Perhatikan Ini Jika Kehujanan

Musim hujan memang rentan akan serangan beberapa penyakit ke tubuh kita. Sakit kepala, demam, flu dan lain-lain, seringkali terjadi. Apalagi kalau sudah kehujanan. Oleh karena itu, ‘pepatah sedia paying sebelum hujan’ tidak boleh diabaikan. Pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati.

Maka, sebelum serangan sakit terjadi, beberapa hal ini perlu menjadi bahan perhatian kita:

Kepala. Banyak orang, mungkin termasuk Anda, sering nekat menerobos gerimis atau hujan. Tanpa disadari, ketika air hujan mengenai kepala, terjadilah perbedaan suhu badan. Suhu kepala lebih dingin karena hanya bagian kepala yang basah.

Inilah yang kemudian menimbulkan pusing dan migrain. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kelembaban dan turunnya tekanan udara menyebabkan orang lebih mudah terserang sakit kepala. Jadi, selalu sedia paying untuk melindungi anda saat hujan, ya!

Kaki. Kuman akan banyak bersarang di kaki Anda yang menginjak tanah basah, sekalipun Anda memakai sepatu atau bahkan boots. Karena itu kaki harus segera dibersihkan (bukan cuma dikeringkan) setelah kehujanan. Sikat kaki dengan campuran air garam untuk mencegah infeksi dan pertumbuhan jamur.

Tangan. Tangan Anda juga bisa jadi sarang kuman karena saat hujan tiba Anda memegang payung, jas hujan, atau menyentuh benda-benda yang basah, terutama bila Anda mengendarai motor.

Jika Anda sering menyentuh wajah dengan tangan, maka virus akan berpindah melalui hidung, mata, mulut, dan pori-pori kulit. Jadi, cuci tangan Anda dengan sabun sampai bersih sebelum menyentuh atau mengusap wajah.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *