Demi Pendidikan, Ibu India Ini Sekolah Lagi di SMP Sekelas dengan Anaknya

nil-battey-sannataINSPIRADATA. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Orang tua di belahan dunia manapun pasti ingin memberikan pendidikan terbaik bagi putra dan putrinya. Namun, bagaimana jika hal itu terkendala baik oleh faktor ekonomi, sosial, maupun kemalasan?

Seorang ibu di India melakukan hal unik untuk mengatasi kendala-kendala di atas. Profesinya sebagai seorang pembantu tidak memudarkan semangatnya untuk memberikan pendidikan layak bagi putrinya. Namun, sang putri justru malas belajar dan beranggapan bahwa pendidikan itu tidak penting. Sebab, ia mengira ibunya yang seorang pembantu tidak mungkin sanggup menyekolahkannya ke perguruan tinggi.

Ibu tersebut pun nekat sekolah lagi. Bukan di universitas, melainkan di sekolah yang sama dengan sekolah dimana putrinya belajar, yaitu SMP. Tepat di kelas yang sama pula. Harapannya hanya satu. Agar ia bisa mengajari sendiri anaknya itu pelajaran matematika.

Memang banyak konflik yang terjadi selama sang ibu menjadi murid SMP dan bersaing dengan putrinya sendiri di kelas. Namun, perjuangan dan kegigihan ibu tersebut patut diacungi jempol.

Kisahnya sangat mengharukan dan menguras air mata. Apalagi ketika sang anak akhirnya tersadar akan kesalahan-kesalahannya. Banyak hikmah dan inspirasi yang bisa dipetik dari perjuangan ibu dan anak tersebut dalam film berjudul Nil Battey Sannata.

nil-battey-sannata-coinbatoreblog

Kisah tadi memang fiktif. Namun, bisa menjadi bahan renungan bagi siapa pun yang menontonnya. Tanpa banyak bumbu tarian dan lagu, film ini menyuguhkan gambar yang apik dan komedi satir yang menarik.

Baru-baru ini ada kebijakan baru di bidang pendidikan yang cukup controversial. Yaitu anak sekolah harus belajar langsung dengan melihat bagaimana orang tuanya bekerja. Banyak pihak yang mempertanyakan kebijakan tersebut. Nah, film ini mungkin bisa membukakan mata untuk menemukan jawabannya.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *