Unik, Informatif , Inspiratif

Deputi Amir dan Para Pahlawan Baru 2018

0 23

Banyak sosok pejuang yang perlu diingat jasa dan dicontoh perjuangannya. Namun, tak semuanya bergelar pahlawan negara.

Salah satunya, Depati Amir yang diabadikan menjadi nama bandara di Pangkalpinang patut untuk dikenang pada peringatan Hari Pahlawan. Karena jasanya melawan penjajah Belanda yang menduduki wilayah Bangka.

BACA JUGA: Kembali Mengingat Pahlawan dalam Uang Seribu

Namanya diabadikan menjadi nama bandara di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Jelang peringatan Hari Pahlawan 2018 ini, Depati Amir baru saja dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (8/11/2018) siang, menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Depati Amir dan 5 pahlawan lainnya di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 orang tokoh yang dianggap berjasa dalam perjuangan di berbagai bidang, khususnya dalam merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Dalam keterangan pers Biro Pers Istana Kepresidenan, Kamis (8/11/2018), pemberian gelar tersebut berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang mengatur kriteria pemberian tanda kehormatan.

BACA JUGA: Sariban, Pahlawan Kebersihan Bandung yang Disorot Media Internasional

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 123/TK/Tahun 2018 yang ditandatangani pada 6 November 2018, Presiden Jokowi menetapkan 6 nama yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Keenam tokoh tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Alm Abdurrahman Baswedan, tokoh dari Yogyakarta.

2. Alm Pangeran Mohammad Noor, tokoh dari Kalimantan Selatan.

3. Alm Agung Hajjah Andi Depu, tokoh dari Sulawesi Barat.

4. Alm Depati Amir, tokoh dari Kepulauan Bangka Belitung.

5. Alm Kasman Singodimejo, tokoh dari Jawa Tengah.

6. Alm KH Syam’un, tokoh dari Banten.  []

SUMBER: TRIBUN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline