Inspirasi dan Data

Desa di India Ini Larang Perempuan Punya Ponsel, Kenapa?

0 57
india-perempuan-telefon-hp -  - Desa di India Ini Larang Perempuan Punya Ponsel, Kenapa? -
Foto: News – AsianTown.NET

INSPIRADATA. Sebuah desa di timur India, Bihar, menerapkan peraturan yang membuat banyak orang berang. Di desa itu, perempuan dilarang menggunakan ponsel. Para pemuka desa itu mengatakan ponsel “merendahkan suasana sosial perempuan”.

Jika ada perempuan yang tertangkap menggunakan ponsel di jalanan, utamanya sudah menikah, harus membayar denda 2.000 rupee ($ 36,60 atau di Indonesia kira-kira sebesar Rp. 350 ribu). Peraturan ini baru diberlakukan pada 4 Desember kemarin.

Alasan desa Bihar memberlakukan peraturan ini dikarenakan wanita-wanita di wilayah ini sering kali diajak kawin lari.

“Kami s malu ketika ada wanita yang kawin lari,” kata Manuwar Alam seperti dikutip dari Emirate247, yang mengepalai komite baru bertugas untuk menegakkan larangan tersebut, mengacu pada pertanyaan dari desa-desa tetangga sekitarnya.

Dia mengatakan jumlah urusan cinta di luar nikah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, dan sedikitnya enam anak perempuan dan perempuan yanag sudah berumah tangga meninggalkan rumah mereka.

“Bahkan ada wanita menikah yang selingkuh dan kawin lari dengan kekasihnya. Itu memalukan bagi kami,” kata Alam. “Jadi, kami memutuskan untuk mengatasi persoalan ini dengan melarang pemakaian ponsel bagi perempuan.”

Pejabat lokal India yang mengadakan penyelidikan, mengatakan bahwa larangan tersebut tidak diperbolehkan dalam masyarakat yang sehat, sementara aktivis hak-hak perempuan menyebutnya sebagai serangan terhadap kebebasan yang berpotensi merusak perempuan.

“Gadis-gadis dan wanita cukup mampu untuk melindungi diri mereka sendiri,” kata aktivis Suman Lal selama debat di televisi lokal.

Seorang aktivis Islam Mohammad mengatakan bahwa larangan ini sungguh aneh, dan para pemuka desa Bihar mengabaikan banyak keuntungan dari ponsel sebelum memberlakukan larangan tersebut hanya untuk satu alasan.

“Saya ingin setiap gadis yang mempunyai ponsel dan sehingga ia bisa menghubungi anggota keluarganya jika dia memiliki masalah,” katanya. []

loading...
loading...
Comments
Loading...