Unik, Informatif , Inspiratif

Di Afrika Kini Ada Teknologi untuk Cegah Kematian Bayi Baru Lahir

0

Di seluruh dunia, 2,6 juta bayi meninggal sebulan setelah dilahirkan, menurut Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO). Sebagian besar dari kematian itu terjadi di negara-negara berkembang dimana layanan kesehatan kurang memadai.

Proyek NEST360° di Rice 360˚ Institute for Global Health di Houston berupaya mengurangi jumlah kematian bayi yang baru lahir di sub-Sahara Afrika. Kuncinya adalah menyediakan perangkat medis yang layak bagi rumah sakit di kawasan itu.

BACA JUGA: Awas, Ini Bahayanya Jika Bayi Diberi Minum Air Putih

“Sulit sekali bekerja disana. Tapi itu juga menantang saya untuk bekerja keras menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses bagi mereka,” kata Sonia Sosa, seorang fellow di Rice 360˚ Institute for Global Health yang bekerja magang di sebuah rumah sakit di Malawi, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (27/8/2018).

Sosa adalah satu dari beberapa fellow kesehatan global yang sedang mengembangkan beberapa perangkat teknologi, salah satunya Incubaby.

Pada dasarnya, Incubaby adalah boks bayi yang hangat seperti inkubator untuk membantu bayi-bayi paling rentan di rumah-rumah sakit di sub-Sahara Afrika, seperti Malawi.

BACA JUGA: Bayi Ileran karena Ibu Ngidam Tidak Terpenuhi? Ini Kata Dokter

“Bayi-bayi sangat kecil yang baru lahir kurang mendapat akses ke teknologi yang minimal sekalipun,” kata Yvette Mirabal, dari Rice 360˚ Institute for Global Health.

Sampai saat ini, tujuh belas teknologi telah diidentifikasi dan semua itu bisa membantu mengurangi penyebab utama kematian pada bayi baru lahir seperti pneumonia dan kelahiran prematur di Afrika.

Dari ke-17 teknologi itu, sebagian tersedia secara komersial. Yang lainnya masih dalam tahap uji coba klinis atau prototip awal. Tujuannya adalah mengembangkan semua teknologi itu, dan meluncurkannya pertama di Malawi, dan ke negara-negara lain yang membutuhkannya. []

SUMBER: VOA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.