Unik, Informatif , Inspiratif

Di AS, Kaki Jinjit Saat Naik Motor Bisa Kena Tilang

0

SETIAP negara di dunia pasti memiliki peraturan lalu lintas yang berbeda-beda, apalagi bagi para pengendara kendaraan roda dua. Tentu saja peraturan ini dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan misalnya saja kondisi jalan dan karakteristik para pemakai jalan.

Berikut peraturan yang cukup aneh bagi para pengendara kendaraan sepeda motor di beberapa negara:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

Thailand

Di Negeri Gajah Putih, pengguna sepeda motor dilarang melepas baju saat berkendara di jalan raya. Artinya, jika ada pengendara yang nekat bertelanjang dada, atau hanya mengenakan pakaian dalam seperti singlet, akan dikenai hukuman tilang.

BACA JUGA: Cara Atasi Knalpot Motor Ngebul Ibarat Asap Fogging Nyamuk

Sedangkan di Indonesia—terutama Bali, turis-turis biasanya melepas bajunya saat mengendarai motor menuju pantai. Alasannya, karena cuaca telalu panas. Sebetulnya, pembenaran seperti itu bisa dipakai juga di Thailand. Sebab iklim di sana tak berbeda jauh dengan di Bali. Namun sekali lagi, aturan tetaplah aturan. Siapapun yang tinggal atau berkunjung di sana, wajib mematuhinya.

Swedia

Berbeda dengan aturan di Indonesia, pengendara motor di Swedia dilarang menyalakan lampu depan atau headlamp saat siang hari. Sebaliknya, yang wajib melakukan hal serupa adalah kendaraan roda empat. Tak dijelaskan apa tujuan utamanya.

Amerika Serikat

Salah satu kota besar di Amerika Serikat, New York merupakan kawasan yang mengesahkan aturan aneh terkait penggunaan sepeda motor. Di sana, pengendara roda dua yang kedapatan jinjit alias kakinya tak menapak sempurna ke permukaan tanah, akan dikenai tilang.

Kepolisian wilayah setempat berpendapat, kaki yang tak menapak tanah bisa membahayakan pengendara ketika motor tidak dalam kondisi seimbang ataupun oleng.

BACA JUGA: Beruntung Tak Terjadi di Indonesia, Begini Derita Punya Motor di Jepang

Jerman

Di Jerman, ada satu aturan unik yang melarang pengendara melepas sebelah tangannya saat berada di atas motor. Hal itu berlaku, bahkan ketika kendaraan dalam keadaan diam—seperti saat di lampu merah.

Regulasi itu membuat pengendara tak bisa membenarkan tali helm saat berada di atas motor, meminum air, menggaruk bagian tubuh yang gatal, atau sekedar melambaikan tangan. Apabila ingin melakukan hal tersebut, maka wajib terlebih dahulu berhenti, lalu matikan mesin dan turun dari kendaraan. []

SUMBER: 100KPJ

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.