kerupuk, Di Dalam Kerupuk Ada Nutrisi?
Unik, Informatif , Inspiratif

Di Dalam Kerupuk Ada Nutrisi?

0

Kerupuk merupakan side dish, atau makanan pendamping yang bisa dipastikan ada di meja makan orang Indonesia. Salah satunya kerupuk uyel atau kerupuk kaleng yang tersedia di warung-warung.

Karena saking banyaknya proses konsumsi kerupuk yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, tidakkah membuat Anda penasaran dan bertanya: apakah kerupuk ini sehat dan memberikan manfaat untuk tubuh?

Kandungan nutrisi pada kerupuk

Kerupuk untuk jenis uyel atau sejenisnya dibuat dari tepung terigu, tepung tapioka, bumbu penyedap, garam, bawang putih, gula, merica, dan air. Semua bahan ini akan dicampur lalu dicetak menjadi adonan kecil-kecil sebelum dijemur di bawah terik matahari dan digoreng dengan minyak panas.

Kerupuk uyel mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, proses penggorengan yang dilakukan ini cukup berisiko. Pasalnya minyak yang digunakan tidak selalu diganti setiap hari. Selain itu kandungan garam yang banyak juga bisa memicu beberapa penyakit pada tubuh seperti penyakit jantung.

Lalu, bagaimana agar bisa sehat dan menyehatkan?

Kerupuk yang diproduksi oleh pabrik dan diedarkan dalam bentuk matang cukup berisiko, meski bisa dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Agar risiko yang ditimbulkan oleh kerupuk tidak terjadi, Anda disarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri dengan minyak terbaik misal minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, untuk memberikan tambahan nutrisi pilih kerupuk yang bahan bakunya dicampur dengan ikan atau udang. Kerupuk jenis ini masih memiliki kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh. Konsumsilah kerupuk udang atau kerupuk ikan lain untuk pendamping makanan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kerupuk memberikan manfaat untuk tubuh, jawabannya bisa ya dan tidak. Tergantung dengan jenis kerupuk dan cara penggorengannya. []

Sumber


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.