Manichi, koran hijau asal jepang (foto: vebma.com)
Manichi, koran hijau asal jepang (foto: vebma.com)

Di Jepang, Ada Koran yang Bisa Tumbuh Jadi Tanaman?

Manichi, koran hijau asal jepang (foto: vebma.com)
Manichi, koran hijau asal jepang (foto: vebma.com)

INSPIRADATA. Negara Jepang terkenal dengan ide-ide dan karya yang inovatif. Banyak orang Jepang yang membuat ide baru yang tak banyak orang memikirkannya. Uniknya, tak hanya kreatif tapi juga bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Salah satunya dengan ide koran hijau ini.

Yaps, jangan dipikir Koran hijau berwarna hijau. Tapi Koran hijau ini ialah Koran yang ramah lingkungan. Wah, memang ada Koran yang ramah lingkungan?

Dilansir vebma. Com, Koran ramah lingkungan di Jepang ini bernama Manichi. Koran ini diterbitkan pertama kalinya pada tanggal 4 Mei 2015, bertepatan dengan “Hari Hijau” di Jepang, oleh salah satu perusahaan surat kabar nasional terkenal di Jepang, The Manichi Newspaper.

Koran ini terbit dua kali dalam sehari dan diklaim dapat membantu program penghijauan serta mengurangi sampah karena dapat ditanam menjadi pohon.

Proses koran Manichi jadi tanaman

Jika di Indonesia biasanya koran bekas banyak dijadikan sebagai kertas pembungkus makanan, pembungkus paket maupun barang lainnya. Bahkan, ada juga orang yang membuangnya di tempat sampah begitu saja. Tapi Koran Manichi berbeda dari Koran lainnya, Koran ini adalah “Koran Hijau”, yang berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat karna dapat didaur ulang menjadi tanaman.

Koran Manichi terbuat dari campuran kertas daur ulang, air dan bibit bunga atau tanaman. Koran ini bahkan sangat mudah untuk dibuat dirumah. Ketika selesai dibaca, Koran Manichi jangan dibuang, lebih baik koran tersebut disobek menjadi potongan kertas kertas kecil, kemudian disiram dengan air dan ditanam di tanah.

Tunggulah dalam beberapa minggu, maka Anda akan dibuat takjub mendapati potongan kertas koran tersebut telah berubah menjadi tanaman ataupun bunga.

Ide yang sangat brilian ini mulanya digagas oleh Dentsu Inc, salah satu biro iklan terbesar di Jepang yang bekerja sama dengan perusahaan The Manicihi Newspaper.

Koran Manichi merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk melindungi lingkungan, setelah sebelumnya mereka aktif melakukan kampanye donasi untuk orang-orang yang menderita kehausan karena kekurangan air. Perusahaan Manichi ini tidak hanya bertindak melalui informasi, tetapi juga dengan mencarikan solusi dari isu-isu global yang terjadi di seluruh dunia.

Program surat kabar hijau ini terbilang sangat sukses, hingga dapat dicetak lebih dari empat juta eksemplar di seluruh jepang dan memperoleh pendapatan sekitar 80 juta yen atau setara sekitar 9,5 Milyar rupiah.

Perusahaan surat kabar ikut melibatkan sekolah sekolah di jepang dengan memakai kertas Manichi, agar dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang berbagai isu lingkungan dan mengajarkan kepada mereka akan pentingnya proses daur ulang.

Mendaur ulang kertas ternyata dapat mengurangi emisi gas C02 atau Gas Rumah Kaca penyebab pemanasan global, yang sebagian besar berasal dari pembuangan limbah tradisinal.

Wah, terobosan Koran hijau dari Jepang ini unik dan kaya akan manfaat bukan? Semoga perusahaan surat kabar di Indonesia juga mencontohnya dan turut memberikan kontribusi dalam hal upaya mewujudkan Negara Indonesia yang lebih sehat dan bersih. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *