Unik, Informatif , Inspiratif

Di Kota Ini, Jumlah Buku Lebih Banyak daripada Penduduknya

0 33

Bagi Anda yang kutu buku, berkunjung ke tempat ini sangat cocok. Anti-mainstream dan unik. Ya, bukan hanya asri, tempat ini pun bisa menambah ilmu pengetahuan kita.

Mundal, sebuah kota kecil di Norwegia bagian barat. Wilayah yang dihuni oleh 280 jiwa itu menyuguhkan hal unik, yakni jumlah buku di sana.

BACA JUGA: Kisah Buku yang Dikembalikan ke Perpustalaan Setelah 100 Tahun

Dilansir dari Travel and Leisure, jumlah populasi itu lebih sedikit dibanding jumlah buku. Tercatat sekitar 150.000 buku yang ada di sana.

Karena hal itu, Mundal seringkali dijuluki dengan ‘The Norwegia Booktown’ atau Kota Buku Norwegia. Di sepanjang tepi Fjord, para traveler dapat menemukan toko buku bekas bahkan rak-rak buku yang di tepi jalan. Mundal seolah menjadi surganya orang-orang yang gemar membaca.

Image result for mundal The Norwegia Booktown
Foto: Pinterst

Toko buku plus kafe dan galeri

Tak hanya itu, biasanya toko-toko buku bekas tersebut juga merangkap sebagai kafe kecil, galeri seni, atau toko souvenir. Bisa dibilang, hampir semua bangunan yang ada di Mundal memiliki sebuah rak buku di dalamnya.

Sebagian besar toko buku di sekitar Kota Mundal juga menjual buku-buku bekas. Karena mereka meyakini bahwa buku-buku tua harus dilestarikan dalam rak digital yang semakin pesat.

BACA JUGA: Israel Seret Penulis Palestina ke Pengadilan Hanya karena Buku Anak-anak

Para traveler yang ingin mengunjungi kota ini, harus benar-benar merencanakan kunjungannya dengan matang dan juga mempertimbangkan soal musim. Karena toko-toko buku outdoor hanya dibuka mulai pertengahan Mei hingga Juni.

Selain itu, traveler yang berkunjung dari pertengahan Mei hingga Juni juga bisa mengikuti pameran buku tahunan yang ada di sana yaitu Solstice Book Fair.

Image result for mundal The Norwegia Booktown
Foto: Reader’s Digest

Rak-rak buku yang ada di kota ini sudah dibangun sejak tahun 1995. Dan sejak saat itulah, kota kecil ini memiliki koleksi buku yang berkembang pesat.

Bahkan jika semua buku yang ada di rak-rak buku di kota Mundal dijajarkan, buku-buku tersebut akan membentang sejauh 2,5 mil atau sekitar 4 km.

Ya. Namun, Mundal bukanlah satu-satunya kota di dunia yang memiliki jumlah buku lebih banyak dari jumlah penduduknya.

BACA JUGA: Siapa Sosok Kakek di Belakang Buku Iqro Itu?

Hay-on-Wye

Sebuah desa terpencil yaitu Hay-on-Wye di Wales, Inggris yang memiliki populasi hanya 1.400 orang. Namun, memiliki ribuan buku yang tersimpan di Honesty Shelves.

Kota Hay-on-Wye juga menjadi sponsor festival sastra dan menjadi rumah bagi lebih dari dua lusin penjual buku yang berbeda. []

SUMBER: TRAVEL AND LEISURE | KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline