Gangguan monyet, Gerombolan Monyet di Lembang Rusak Rumah Warga, Jangan Salahkan…
Unik, Informatif , Inspiratif

Gerombolan Monyet di Lembang Rusak Rumah Warga, Jangan Salahkan…

0

Kehadiran puluhan monyet meresahkan warga yang tinggal di perumahan Desa Mekarwangi, Lembang, Bandung Sebab mereka mengambil makanan dan merusak rumah warga.

“Gerombolan monyet itu merusak rumah, genteng bocor, kabel putus, kanopi penyok dan sebagainya,” kata Zaki.

BACA JUGA: Korban Tsunami Banten: Kami Berharap Pembangunan Hunian Tetap Dipercepat

Buah-buahan yang ditanam warga pun ternyata menjadi sasaran monyet itu. “Jadi kalau kita menanam buah-buahan, percuma karena diduluin mereka,” ungkap Zaki

Sejak dua tahun lalu gangguan monyet sudah terjadi. Sebab daerah itu berdekatan dengan kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura).

Uang sebesar Rp20 juta dikeluarkan oleh Zaki untuk meminta bantuan otoritas terkait untuk menangkap monyet-monyet tersebut. Namun, ternyata penangkapan itu bukan menjadi solusi tepat sebab mereka datang lagi.

“Solusinya nggak jelas, kita sudah mengikuti arahan dari BBKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), nyatanya ya begitu,” jelasnya.

Sementara itu, Sjarmidi berpendapat bahwa manusia dinilai dominan dalam populasi dan penguasaan eksploitasi alam serta memiliki kreatifitas menciptakan teknologi yang dapat merusak.

“Jangan salahkan monyetnya saja dong ,” ujarnya.

BACA JUGA: Penyebab Banjir di Sulawesi Selatan, Warga: Semuanya Disulap Jadi Perumahan

Adapun salah satu yang dianggap mengganggu habitat monyet adalah pembangunan pemukiman dan bangunan lainnya di Tahura.

Komplek perumahan, hotel, restoran, dan tempat wisata terlihat cukup massif dibangun di sekitar Tahura yang juga menjadi bagian dari Kawasan Bandung Utara (KBU) ini. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.