pintu neraka
Foto: Haunted Attraction Online

Di Manakah Letak Neraka?

Para ulama berselisih pendapat tentang keberadaan neraka saat ini. Ada yang mengatakan, “Neraka itu berada di bumi paling bawah.”

Ada lagi yang mengatakan, “Neraka itu ada di langit.”

Bahkan, ada pula yang abstain tentang hal ini dan inilah pendapat yang benar karena tidak adanya dalil nash sharih (jelas) dan sahih yang memastikan tempat keberadaan neraka.

BACA JUGA: Dijanjikan Tikar dan Selimut dari Neraka, Ini Dia Orangnya

Di antara mereka yang abstain tentang keberadaan neraka adalah al-Hafizh as-Suyuthi, ia mengatakan, “Berhentilah berbicara tentang keberadaan neraka karena tidak ada yang mengetahuinya selain Allah. Aku tidak menemukan satu hadis (pasti dan sahih) pun yang bisa aku jadikan pegangan tentang hal ini.” (Yaqzhah Uli al-I’tibar, Shadiq Hasan Khan, hlm. 47)

Syaikh Waliyullah ad-Dahlawi, dalam kitab Aqidah-nya, mengatakan, “Tidak ada satu pun nash yang memastikan tempat keberadaan surga dan neraka. Namun, tempat keduanya adalah terserah Allah subhanahu wa ta’la karena kita tidak mampu mengetahui semua makhluk Allah dan alamnya.”

BACA JUGA: Waspada, jika Satu dari Empat Hal Ini Ada pada Anda, Neraka Jahanam Ancamannya

Setelah mengutip kalimat Syaikh ad-Dahlawi di atas, Shadiq Hasan Khan mengatakan, “Menurutku, inilah pendapat yang paling kuat dan paling berhati-hati, in syaa Allah.”

Wallahu a’lam baishawab. []

 

Sumber: Surga dan Neraka/Karya Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar

 


Artikel Terkait :

About matiar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *