pecandu rokok
Filipina Mengeluarkan UU Larangan Merokok

Di Negara Ini Jika Berjualan Rokok akan Dipenjara 3 Tahun

INSPIRADATA. Kebiasaan merokok memang sangat merusak generasi muda, dan jika tidak ada upaya yang tegas untuk memutus kebiasaa merokok ini, maka akan jadi apa generasi muda nantinya. Di beberapa negara, saat ini sudah banyak yang menerapkan peraturan dilarang merokok. Hukumannya pun denda yang sangat mahal. Demikian disitat dari Dream, Minggu (21/5/2017).

Seperti negara yang satu ini, Filipina. Nampaknya perokok di negara ini harus berfikir ulang jika ingin merokok di tempat umum. Pasalnya, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte telah menandatangani undang-undang anti rokok yang baru.

UU tersebut secara singkat mewajibkan perokok untuk membayar denda jika diketahui merokok di tempat umum. Dan untuk pedagang yang menjual rokok di radius 100 meter dari kawasan sekolah dan tempat anak-anak bermain, maka akan dihukum penjara.

Juru bicara Departemen Kesehatan, Eric Tayag, mengatakan untuk lokasi yang masuk kawasan terlarang merokok akan diumumkan dalam 60 hari ke depan. Lokasi tersebut meliputi SPBU, pusat perbelanjaan, dan taman.

Dalam UU itu disebutkan mereka yang pertama kali tertangkap merokok di tempat terlarang dikenai denda sebesar 500 peso, setara Rp134 ribu. Jika sudah tiga kali tertangkap, denda yang dikenakan sebesar 10.000 peso, setara Rp2,6 juta. Sementara untuk pedagang yang menjual rokok pada kawasan tertentu, akan dipenjara selama tiga tahun. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *