Di Somalia, Wanita Ini Bersaing dengan 18 Pria

fadumo-dayib2INSPIRADATA. Somalia. Sebuah negeri muslim di benua Afrika. Seringkali terdengar kabar peperangan dari sana. Namun, bukan tidak mungkin negara itu bisa berubah menjadi lebih baik.

Dilansir dari Dailymoslem, dalam waktu dekat Somalia akan menyelenggarakan pemilihan presiden. Kali ini ada yang berbeda. Seorang kandidat baru yang tidak disangka-sangka, tiba-tiba muncul di tengah persaingan. Diantara 18 orang kandidat, ada 1 orang wanita yang mencalonkan diri sebagai presiden Somalia.

Namanya Fadumo Dayib. Dialah wanita cerdas yang seolah mampu menghembuskan angin segar di Somalia. Di negara yang didiminasi kaum pria, Dayib muncul sebagai Srikandi yang bertekad merubah wajah negerinya menjadi lebih baik.

Jalan hidup Dayib hingga sampai seperti sekarang ini tidaklah mudah. Sewaktu kecil ia memiliki cerita hidup yang pedih.  Saat berusia 18 tahun, Dayib disebrangkan orang tuanya ke daratan Eropa Utara. Hidupnya miskin, dan minim pendidikan. Namun ia berhasil membuktikan bahwa ia tak hanya mampu bertahan hidup tetapi tumbuh menjadi seseorang yang diakui.

Kini ia merupakan ahli bidang kesehatan masyarakat dan aktivis sosial yang telah memenangkan banyak penghargaan. Selain itu, ia juga mempelajari ilmu keperawatan dan menjadi spesialis kesehatan untuk PBB serta meraih gelar doktoralnya. Melihat kegighan dan hasil kerja yang cemerlang, Dayib menadapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Harvard University mempelajari administrasi publik.

Ia pun ingin berjuang untuk negaranya, Somalia. Ia ingin menghentikan korupsi dan pembunuhan yang merajalela. Ia ingin membantu memimpin Somalia menuju kemakmuran.

“Bahkan jika saya seorang pemimpi, saya juga memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menempatkan mereka ke dalam tindakan nyata. Itulah sebabnya aku di sini hari ini, “ ungkap Dayib saat berbicara di Harvard University pada 2015 lalu.

“Ini ambisi yang sama, motivasi, keyakinan dan berharap bahwa saya mengambil ke Somalia,” lanjut Dayib.

Kemenangannya berarti sejarah bagi Somalia. Fadumo Dayib bisa menjadi Presiden Wanita Muslim Pertama di Somalia.

Meskipun kemungkinannya kemenangan Dayib sangatlah kecil, paling tidak kemunculannya berdampak besar bagi masyarakat Somalia. Tidak hanya menyebarkan profil saja, namun berhasil membuka wacana baru dan mendorong diskusi lebih luas tentang perempuan di Somalia.

“Pada tahun 2020 kita akan memiliki pemilu yang demokratis dan kemudian,kami akan menang,” kata Dayib. “Banyak warga Somalia yang shock karena saya muncul entah dari mana tapi berhasil untuk menantang semua mereka yang berkuasa dan sekarang semua orang di dalam negeri yang tahu siapa saya,” pungkasnya.

Perkataan Dayib mengandung banyak tekad yang kuat dan kemauan yang mantap. Dan ia benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi orang nomor satu di Somalia. Meskipun tidak belum berhasil menjadi orang nomer 1 di Somalia, Dayib telah berhasil tampil menjadi sosok wanita yang berpengaruh di negerinya.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *