Foto: refmanoura

Di Universitas Ini, Bayar Uang Kuliah Bisa Pakai Beras?

Foto: refmanoura

INSPIRADATA. Bangkok’s Rangsit University adalah sebuah universitas swasta di Thailand. Kampus ini memiliki cara unik dalam sistem pembayaran uang kuliah. Para mahasiswa di sini diizinkan membayar uang kuliah dengan menggunakan surplus beras.

Kebijakan ini ditenggarai oleh anjloknya harga dan banyaknya ekspor beras, sehingga banyak petani di Thailand yang berjuang untuk mendagangkan beras mereka. Bahkan beberapa petani ada yang menjual beras menggunakan Facebook.

Dilansir dari laman Fortune, Rabu (4/1/2017), Bangkok’s Rangsit University merupakan kampus swasta yang memulai menerima pembayaran kuliah dengan beras. Awalanya, ada 19 mahasiswa yang melakukan pembayaran unik itu.

Salah satu siswa di jurusan inovasi sosial, Bangkok’s Rangsit University, Witsanu Sukmoonsiri, menuturkan mungkin awalnya ia harus menemui seorang rentenir untuk membiayai kuliahnya. Namun, dengan membayar kuliah menggunakan beras ini, hal itu tidak sampai terjadi.

Thailand merupakan negara dengan jumlah populasi mencapai 67 juta. Selain itu, menjadi negara pengekpor beras terbesar di dunia, namun setengah dari hasil beras yang diproduksi dijual ke luar negeri. []


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *