Foto: Unsplash

Dialah Makhluk Yang Allah Jatuhkan dari Langit Ketujuh (1)

Surga diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Namun celakalah bagi mereka yang jauh dari ibadah dan hanya menuruti nafsu duniawi belaka. Sesungguhya orang-orang yang demikian itu akan dilemparkan dalam panasnya api neraka. Lalu mereka akan tinggal dalam neraka bersama makhluk Allah yang pernah dijatuhkan dari langit ke tujuh.

Allah SWT pernah menjatuhkan salahsatu makhluk ciptaan-Nya dari langit ke tujuh. Tidak hanya itu, makhluk itu pun dilaknat dan telah dijanjikan menjadi penghuni kekal di neraka. Siapakah ciptaan Allah yang dimaksud tersebut?

Disitat dari Infoyunik, Makhluk yang dijatuhkan dari langit ke tujuh tersebut bernama iblis. Padahal pada awalnya iblis adalah salah satu mahluk yang sangat taat untuk menjalankan segala perintah Allah dan selalu beribadah kepada-Nya.

Pada masa itu, nama iblis adalah azazil, ia merupakan salahsatu malaikat yang dikenal oleh penduduk surga karena doanya selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Azazil memiliki wajah yang rupawan lagi cemerlang, memiliki empat sayap, banyak ilmu, menjadi pemimpin para malaikat, memiliki beberapa tempat di langit serta dapat mendengarkan berita-berita rahasia dari Allah SWT.

Hal ini membuat para malaikat kagum terhadap dirinya. Akan tetapi, semua itu berubah tatkala Allah SWT berfirman: “Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang khalifah di bumi”. Para malaikat berkata: “Mengapa hendak Kau jadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan menyucikanMu?” Tuhan menjawab: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui”. (QS. Al-Baqarah 2:30).

Lantas Allah menciptakan manusia pertama yang diberi nama Adam. Setelah itu, Allah SWT juga memperagakan kelebihan keistimewaan yang dimiliki oleh Adam. Hal ini membuat malaikat mengakui kelebihannya atas mereka. Kemudian Allah menyuruh para malaikat untuk bersujud kepada Adam sebagai wujud kepatuhan dan pengakuan atas kebesaran Allah.

Ketika itu, semua malaikat bersujud kepada Adam, kecuali Azazil. Allah Ta’ala berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah.” (Q.S Al-A’raf: 12)  []


Artikel Terkait :

About Mila Munawwaroh

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *