Unik, Informatif , Inspiratif

Dianggap Biasa, Ini 3 Kesalahan ketika Memasak Nasi

0

Memasak nasi sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan hampir kebanyakan orang. Meskipun dilakukan setiap hari, bukan berarti orang yang sering melakukannya akan menjadi ahli dalam memasak nasi. Ketika memasak nasi, mungkin banyak orang berpikir bahwa apa yang dilakukannya sudah benar.

Namun ternyata ketika memasak nasi ternyata masih banyak di antara kita yang melakukan kesalahan. Jika dilakukan berulang-ulang maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan. Lalu, apa saja kesalahan ketika masak nasi itu? Berikut di antaranya sebagaimana dilansir oleh Mashed:

1. Tidak mencuci beras

Sebagian orang berpendapat beras jangan dicuci terlalu bersih. Nanti nutrisi dan vitaminnya jadi berkurang atau bahkan hilang. Bahkan orang-orang yang membeli beras dalam kemasan, terlalu percaya kalau beras yang akan dikonsumsinya itu sudah dalam bersih, sehingga tidak perlu dicuci lagi.

Related Posts
1

Mana yang Lebih Baik Jadi Pengganti Nasi, Jagung atau…

Namun tidak ada salahnya, sekali-kali Anda coba pastikan kebersihan beras yang Anda beli dengan cara menampung air bekas cucian dalam mangkuk. Jika terlihat putih yang jernih, Anda boleh yakin beras yang Anda beli sudah bersih. Jika terlihat sedikit saja kecokelatan atau keruh, mencuci sekali atau dua kali dengan air dingin akan jauh lebih baik.

2. Tidak menggunakan peralatan yang benar

Kebanyakan orang yakin, panci dengan lapisan antilengket adalah yang terbaik untuk memasak nasi. Padahal tidak selalu demikian, terutama jika digunakan untuk pemanasan tinggi dan berulang-ulang seperti untuk memasak nasi. Beberapa zat pelapis akan rusak seiring waktu dan ini dapat tanpa sengaja tertelan.

3. Tidak menjaga kualitas aroma nasi

Jika tidak tercium aroma nasi saat menyantapnya, ada yang salah dalam proses memasaknya. Oleh karena itu, cek volume air yang digunakan untuk memasak beras. Air yang terlalu banyak dan waktu memasak yang terlalu lama akan membuat aromanya hilang. Untuk membuat beras tetap matang sempurna dalam waktu singkat, rendam beras selama beberapa saat sebelum dimasak. Beras yang sudah sedikit empuk hanya membutuhkan sedikit air dan waktu untuk memasaknya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.