keramas tiap hari

Dianggap Membuat Segar, Mandi di Malam Hari Ternyata Miliki 6 Dampak Buruk

Saat kemalaman pulang kerja, mandi malam hari menjadi solusi agar tubuh menjadi segar. Namun banyak orang yang menganggap bahwa mandi malam dapat membahayakan kesehatan. Benarkah?

Berikut beberapa penjelasan tentang bahayanya mandi pada malam hari.

 

1. Menyebabkan Asam Urat
Apabila dilakukan terlalu sering, mandi di malam hari akan menyebabkan asam urat, karena air dingin tersebut bisa membuat nyeri pada sendi.

2. Membuat Demam
Pada saat malam hari panas dalam tubuh mengalami peningkatan, hal ini tentu juga membuat pori-pori pada tubuh terbuka. Apabila mandi menggunakan air dingin maka akan berbahaya bagi tubuh.

Pori-pori yang terbuka dapat menyerap air dingin. Tubuh akan mengalami kondisi di mana tubuh panas-dingin akibat panas tubuh yang meningkat dan bercampur dengan suhu pada tubuh yang rendah yang disebabkan oleh air dingin yang di pakai pada saat mandi.

3. Menyebabkan Penuaan Dini
Air dingin di malam hari dapat mengganggu metabolisme tubuh, dan hal ini akan dapat memberikan pengaruh yang nyata terhadap kulit dan menyebabkan kulit menjadi keriput.

4. Nyeri Otot
Kebanyakan orang akan mengalami nyeri otot ketika mandi di malam hari. Hal ini terjadi karena pori-pori dalam tubuh terbuka dan air dingin pada malam hari masuk melalui pori-pori.

5. Menyebabkan Paru-Paru Basah
Jika Anda menganggap mandi malam hari bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah, hal ini ternyata memang benar adanya. Penyebabnya adalah suhu yang dingin dan juga air yang dingin. Biasanya penderita akan mengalami susah bernafas, batuk berdahak, dan juga menggigil.

6. Mengganggu Metabolisme Tubuh
Mandi pada malam hari dapat mengganggu metabolisme tubuh. Pada saat malam hari, suhu pada tubuh akan mulai lemah dan perlu untuk istirahat.

Apabila mandi air dingin pada malam hari dan pori-pori akan terbuka sehingga akan dapat menyebabkan gangguan pada hormon tubuh.

Meskipun mandi air dingin pada malam hari juga memiliki manfaat, akan jauh lebih baik jika Anda tidak melakukannya terlalu sering. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *