diet rendah karbohidrat, Diet Rendah Karbohidrat dan Risiko Kematian
Unik, Informatif , Inspiratif

Diet Rendah Karbohidrat dan Risiko Kematian

0

Banyak orang yang ingin memperoleh tubuh ideal dengan diet rendah karbohidrat. Di balik kepopulerannya, tren diet satu ini memiliki dampak yang cukup berbahaya.

BACA JUGA: 4 Efek Samping Berbahaya Diet Keto

Sebuah penelitian menemukan, diet rendah karbohidrat meningkatkan risiko kematian dini. Namun, perpendekan umur ini berlaku jika asupan pengganti karbohidrat yang dipilih adalah daging dan susu.

Temuan yang dipublikasikan dalam The Lancet Public Health ini meneliti lebih dari 15.000 orang berusia 45-64 tahun dari beragam latar sosial-ekonomi di empat wilayah Amerika Serikat.

Mereka menghitung asupan kalori rata-rata dan proporsi kalori dari kelompok makanan berbeda. Peserta juga diminta menguraikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Penelitian itu terus ditindaklanjuti selama 25 tahun lamanya. Dan, sebanyak 6.283 orang meninggal.

Namun, hasil penelitian ini bukan berarti menyebut bahwa semua pola makan rendah karbohidrat adalah buruk. Diet yang mengganti karbohidrat mereka dengan sayuran dan kacang-kacangan dinilai lebih baik oleh para peneliti.

Sayangnya, pola diet rendah karbohidrat yang banyak dilakoni orang-orang saat ini adalah mengganti asupan karbohidratnya dengan daging atau keju.

BACA JUGA: Ternyata Zaitun adalah Obat Diet Paling Efektif

Kedua jenis asupan itu diketahui mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, yang secara tidak langsung menimbulkan risiko kematian lebih besar dibandingkan protein lainnya seperti sayur dan kacang-kacangan.[]

SUMBER: CNN INDONESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.