Foto: Tribunnews

Dihantam Tsunami, Pemerintah Hentikan Promosi Tanjung Lesung

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menghentikan promosi Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata akibat hantaman gelombang tsunami, pada Ahad (23/12/2018).

Kemenpar menyampaikan, Tanjung Lesung selama ini masuk ke dalam 10 destinasi prioritas pemerintah atau dikenal sebagai 10 Bali Baru.

BACA JUGA: Erdogan Sampaikan Bela Sungkawa kepada Korban Tsunami Selat Sunda

Merespons becana ini, Menteri Pariwisata telah meminta Tim Crisis Center (TCC) segera diaktivasi dan menyiapkan Holding Statement dan koordinasi rencana pembentukan posko di lokasi terdampak.

“Bencana ini sangat di luar dugaan. Dan terjadi saat musim liburan di destinasi wisata. Kita berharap kondisi akan berangsur pulih,” papar Guntur Sakti, Ketua Tim Crisis Center Kemenpar dalam keterangan resminya.

Guntur menyatakan TCC akan menerbitkan informasi terkini dan membentuk posko koordinasi di wilayah Banten dan Lampung.

Nantinya, kata Guntur, hanya ada satu pintu untuk mengeluarkan pernyataan dampak bencana di sektor pariwisata.

“Hal ini merupakan pelayanan utama yang dilakukan TCC Kemenpar di fase tanggap darurat. Selain tentunya ikut serta memberikan pelayanan kepada wisatawan yang terdampak,” ujar Guntur.

Belajar dari pengalaman penanganan bencana erupsi Gunung Agung Bali, gempa Lombok dan Palu, layanan terhadap wisatawan diberikan dalam bentuk layanan informasi, akomodasi, konsumsi serta imigrasi dan atraksi.

BACA JUGA: Oezil Ikut Bela Sungkawa untuk Korban Tsunami

Khususnya bagi mereka yang tertahan di bandara atau pelabuhan.

TCC juga mengimbau wisatawan untuk sementara menjauh dari perairan Selat Sunda dan terus memperkaya diri dengan informasi terbaru hanya dari situs atau akun media sosial resmi pemerintah seperti @infoBMKG dan @BNPB_Indonesia untuk menghindari isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. []

SUMBER: ANADOLU INDONESIA


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *