dampak buruk daging babi
Foto: The Indonesian Public Health Portal

Diharamkan, Inilah Penyakit yang Timbul dari Daging Babi

Bagi seorang muslim, daging bagi haram hukumnya. Hukum ini ada karena daging babi mempunyai banyak dampak buruk bagi kesehatan. Disebutkan banyak pihak, daging babi bisa menimbulkan berbagai penyakit mengerikan.

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Consumer Reports menyebutkan bahwa daging babi punya risiko kontaminasi bakteri berbahaya, yaitu Yersinia enterocolitica. Pada manusia, bakteri inimenyebabkan demam dan penyakit saluran pencernaan. Gejalanya yaitu diare, muntah, dan kram perut.

Selain itu, penyakit yang bisa diderita karena mengonsumsi daging bagi ternyata masih banyak. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Hello Sehat.

Cacingan
Makan daging babi mentah atau belum matang yang sudah terkontaminasi larva cacing trichinella bisa menyebabkan cacingan atau penyakit trikinosis. Anda mungkin mengalami sakit perut, diare, kelelahan, mual dan muntah.

Penyakit hati
Selain menyebabkan kanker kolorektal, sebuah studi telah menemukan bukti kuat antara konsumsi daging babi dan penyakit hati.

Hepatitis E
Produk daging babi, terutama hati babi seringkali membawa virus hepatitis E yang dapat menyebabkan komplikasi parah, hingga berisiko menyebabkan kematian.


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *