asal muasal pizza
Foto: time.com

Dikenal sebagai Makanan Mahal, Ternyata Pizza Dulu Dijual Dipinggir Jalan

Makan pizza di kota-kota besar Indonesia adalah kemewahan. Sebab harga pizza di Indonesia sulit untuk dijangkau masyarakat menengah ke bawah. Padahal restoran pizza bertebaran di Indonesia.

Tapi ternyata, dulu pizza adalah makanan yang dikonsumsi oleh orang miskin di italia dan banyak dijual dipinggir jalan.

Dikutip dari AnggaSaputra.blogspot, Pizza baru dikenal di Indonesia sekitar 30 tahun yang lalu. Berawal dari Iskandar Agung dari Masedonia menduduki Mesir 2300-an tahun yang lalu tentaranya melihat orang Mesir memakan roti pipih berbentuk bulat, tapi belum ada topping jadi rasanya tawar dan hambar.

Kemudian orang Yunani memperkenalkan roti pipih itu ke Napoli, Italia. Orang Yunani menyebutnya PICEA, yang artinya roti atau pai. Tetapi orang Napoli tidak bisa menyebutnya dengan benar sehingga mereka menyebutnya pizza.

Terbuat dari gandum, adonan Pizza dipipihkan seperti piring dan diletakkan pada batu dalam tungku yang panas. Selama beratus-ratus tahun pizza menjadi makanan orang miskin di Napoli. Supaya tidak kesusahan untuk memakannya mereka mengoleskan minyak zaitun. Kemudian pada abad ke 16, mereka mulai mengenal tomat di Amerika, lalu mereka mengoleskan tomat lemur ke atas pizza. Selain itu mereka juga menambahkan keju mozzarella dari susu kerbau.

Pizza menyebar ke seluruh Italia dan Perancis Selatan. Orang Roma dan Perancis menyukai topping bawang bombai dan zaitun, selain itu pizza Perancis juga ditambahkan ikan kecil-kecil yang berbentuk persegi.

Tahun 1830, di Napoli dibuka kedai pizza yang pertama. Saat Raja Umberto I dan permaisurinya, Ratu Margherita berkunjung ke Napoli, seorang tukang roti bernama Raffaele Esposito memasak pizza istimewa untuk Raja dan permaisuri. Pizza itu berwarna merah putih hijau seperti bendera Italia. Merah dari tomat, putih dari keju Mozzrella, dan hijau dari daun basil segar, dan rotinya dibuat renyah.

Ternyata Ratu sangat suka dengan roti yang melambangkan cinta tanah air itu. Lantas sejak saat itu banyak orang yang membuat pizza serupa yang diberi nama Pizza Margherita, dan sejak saat itu pula pizza bukan lagi makanan orang miskin, semua orang mulai memakannya.

Semenjak itu pula orang-orang miskin di Italia banyak yang pindah ke negara tetangga dan ke Amerika. Sebagian berjualan pizza hingga pada tahun 1905 dibukalah tempat penjualan pizza yang pertama di New York, Amerika Serikat.

Di Italia sendiri muncul berbagai macam pizza, bahkan di tempat-tempat lain pun juga berkembang dari rotinya yang tipis atau tebal. Toppingnya pun kini bervariasi dan beraneka ragam. []

 

 

 

 

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *