kekokohan iPhone X
Foto: Kompas

Dilakukan Tes, iPhone X Jadi iPhone Paling Ringkih

Sebagian orang ragu akan kekokohan iPhone X. Hal ini karena desain panel kaca yang melindungi bagian belakang. Apakah akan kokoh bila terjatuh?

Sebuah video yang memperlihatkan tes keringkihan iPhone X dan iPhone 8 Plus mencoba menjawab keraguan ini. Dalam video tersebut keduanya dijatuhkan dari ketinggian yang sama.

Dikutip dari Kompas.com, tes pertama dilakukan dengan iPhone X dan iPhone 8 Plus yang bodinya terlindungi dengan casing. Hasilnya, iPhone X lebih baik dibanding iPhone 8 Plus.

Tonjolan bingkai kamera di bagian belakang bisa melindungi panel belakang dari kerusakan parah, dan kerangka berlapis baja mampu menahan benturan lebih baik dibanding almunium. Namun menjatuhkan iPhone X berulang kali akan menimbulkan kerusakan yang cukup parah, seperti tidak bisa membuka kunci layar.

Sehingga dalam video YouTube berjudul iPhone X vs iPhone 8 Plus Drop Test! itu, ia memberikan alternatif untuk membuka iPhone X dengan fitur Face ID, setidaknya begitu pengamatan KompasTekno dari BGR, Rabu (8/11/2017).

Hasil tes yang berbeda didapatkan dalam video yang di unggah oleh Square Trade. Dalam video yang berjudul S’quareTrade iPhone X Breakability tersebut menunjukan bahwa iPhone X adalah iPhone paling ringkih yang pernah dibuat Apple.

Ia melakukan tes yang sama seperti yang dilakukan video sebelumnya. Begitu panel kaca pecah, masalah berat akan terjadi di layar. Nampak garis hijau di samping kanan, serta pengenal wajah yang tidak berfungsi.

Untuk tingkat keringkihan, SquareTrade memberikan iPhone X nilai 90. Ini berarti iPhone X sangat ringkih. Sementara iPhone 8, iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 yang diikutsertakan dalam uji coba mendapat skor lebih rendah, yakni masing-masing 67, 74, dan 80.

Penilaian dari SquarTrade ini bisa saja tidak sepenuhnya tepat. Tetapi, nampaknya akan lebih baik jika memberikan proteksi lebih untuk iPhone X Anda. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *