Unik, Informatif , Inspiratif

Din Syamsuddin dan Sejumlah Tokoh Agama Dunia Bertemu Aung San Suu Kyi di Myanmar

0

Bersama sejumlah tokoh agama dunia, Din Syamsuddin bertemu dengan State Counsellor Myanmar, Aung San Suu Kyi. Pertemuan yang berlangsung di Ibu Kota Myanmar, Pyi Pyi Twa, pada Jumat (25/5/18), bertujuan untuk menyampaikan surat hasil forum konsultasi tingkat tinggi para tokoh keagamaan dunia untuk bangsa Myanmar.

Din yang tak lain Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) turut menyampaikan perkembangan di Myanmar, terutama di Provinsi Rakhine yang menimbulkan keprihatinan kawasan Asia Tenggara, bahkan dunia yang perlu diatasi secara tepat.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu juga meminta ada pengakuan dan pemberian hak kewarganegaraan bagi etnik Rohingya yang kebetulan beragama Islam.

Menanggapi pernyataan itu, Aung San Suu Kyi, yang menjabat sebagai State Councillor atau setingkat Perdana Menteri, memastikan Myanmar mengamalkan nilai-nilai demokrasi dan sangat menghargai hak-hak asasi manusia.

Ia juga mengatakan, masalah di Provinsi Rakhine dan wilayah-wilayah lain di Myanmar akan dapat diselesaikan dengan semangat perdamaian dan rekonsiliasi.

Pertemuan yang dihadiri sejumlah tokoh agama dunia tersebut bertujuan untuk menyampaikan surat yang dihasilkan dari konsultasi tingkat tinggi para tokoh agama dunia.

Isinya adalah pesan dan ajakan kepada pemerintah dan rakyat Myanmar untuk menyelesaikan konflik bernuansa agama dan etnis di Myanmar dengan semangat kemanusiaan, perdamaian, dan rekonsiliasi.

Seperti dilansir dari Tribunnews, State Concillor Aung San Su Ki menerima dengan senang hati surat tersebut, termasuk usulan delegasi adanya Konfrensi Internasional tentang Myanmar pada Oktober 2018 yang akan datang.

Konfrensi tersebut diharapkan menjadi tanggal penyelesaian masalah Myanmar secara berkeadilan. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.